Konsep KKN Kebangsaan menurut Dr Hasrullah

  • Whatsapp
Dr Hasrullah saat diterima Kepala KSP Moeldoko, membahas rencana persiapan KKN Kebangsaan yang akan digelar di Kalimantan Tengah (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Publik banyak yang belum tahu kalau Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan yang telah memasuki tahun kesepuluhnya ini diinisiasi akademisi Universitas Hasanuddin. Adalah Dr Hasrullah, dosen Komunikasi Unhas yang disebut sebagai inisiatornya.

Dr Hasrullah menyebut, awalnya, KKN Kebangsaan dicetuskan di Unhas dimana mahasiswa Unhas yang akan KKN diarahkan untuk KKN di wilayah-wilayah perbatasan.

Read More

Saat ini, menurut Hasrullah, KKN Kebangsaan merupakan kegiatan akademik sesuai program yang diadakan penyelenggara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau dengan kata lain telah diadopsi oleh Pemerintah Pusat.

“KKN Kebangsaan dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS PTN di wilayah barat dan KPTN KTI di wilayah timur dengan melibatkan semua perguruan tinggi,” terangnya..

Kegiatan KKN berupa integrasi dari kurikulum dan pengalaman belajar mahasiswa sesuai dengan realitas kehidupan masyarakat.

“Program ini kita inisiasi dengan harapan dapat mengembangkan softskill, mematangkan kepribadian guna menumbuhkan jiwa kebangsaan, apalagi lokasinya dilakukan di tempat-tempat jauh seperti pulau perbatasan,” sebutnya saat ditemui Pelakita.ID di Café Red Corner pada Silaturahmi dan Bincang Alumn menyambut pelaksanaan Mubes IKA Unhas pada 4 hingga 6 Maret 2022 (20/2/2022).

“Ini sudah masuk tahun kesepuluh. Jadi kami tetap optimis bahwa KKN Kebangsaan in sangat penting bagi NKRI yang mempunyai lebih dari 100 pulau-pulau kecil di perbatasan,” katanya.

“Memang sempat vakum tetapi ini kan tergantung komitmen dan situasi kita terutama karena pandemi,” katanya.

“Terkait KKN Kebangsaan itu, beberapa mahasiswa kita KKN di lokasi seperti Natuna hingga Sebatik. Bahkan ada yang ke luar negeri,” ujarnya.

“Minggu ini kami rencana diterima Kepala Staf Presiden (KSP)Jend. TNI (Purn), Dr. H. Moeldoko. Bertemu untuk membicarakan KKN Kebangsaan yang akan digelar di Universitas Palangka Raya Kaimantan Tengah pada 17 Juli 2022,” katanya.

Hasrullah yang juga Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas ini didapuk sebagai Pengarah dan Konsultan KKN Kebangsaan Tahun 2022, dimana Universitas Palangka Raya ( UPR ) sebagai tuan rumah.

Karena pengalamannya itu Hasrullah pun mendapatkan SK penugasan dari Rektor Universitas Palangkaraya sebagai konsultan KKN Kebangsaan.

“KKN Kebangsaan digagas dalam tahun 2003 atau 10 tahun lalu,” ucap pria yang pernah jadi Kepala UPT KKN Unhas.

Tugas saya saat ini adalah melakukan audiensi dengan beberapa tokoh seperti Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda; KSAD, Jenderal Dudung Abdurrachman; Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo hingga Ketua KSP Jenderal (Purn) Moeldoko.

“Mereka kita minta menjadi narasumber pada kegiatan pembukaan KKN Kebangsaan pada Julin anti,” imbuhnya. Rencananya, KKN Kebangsaan akan dibuka Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri di Kalimantan Tengah.

Related posts