Mahasiswa Perikanan Unhas gelar pelatihan pengembangan lingkungan pesisir di Pangkep

  • Whatsapp
Mahasiwa Perikanan Unhas menggelar pengabdian masyarakat di Pangkep (dok: Humas Unhas)

PELAKITA.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan Keluarga Mahasiswa Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (HMJ KEMAPI FIKP) Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan stakeholder Pemerintah Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep melakukan pengabdian kepada masyarakat bertema “Pengembangan Lingkungan Pesisir untuk Perikanan Berkelanjutan”.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 pada Minggu (21/11).

Read More

Turut hadir mewakili Bupati Pangkep yakni Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Pangkep (Akbar, ST., MM), Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan, Sulsel Alimuddin S.Pi, dan Fasilitator Rehabilitasi Mangrove WWF Indonesia Andi Awal Campu SPi., serta Dosen Program Studi Budidaya Perairan FIKP, Dr Ir Rustam MSi.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Pangkep, Akbar ST., MM. Dalam sambutannya beliau mangatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Lembaga Kemahasiswaan khususnya oleh KEMAPI yang menggagas keberlanjutan perikanan.

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan sebagai bukti tridharma perguruan tinggi dan diharapkan akan ada tindak lanjut melalui program kerja pendidikan lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir,” jelas Akbar.

Tokoh masyarakat Kelurahan Pundata Baji, Firman, merasakan dampak yang positif untuk masyarakat. Menurutnya, dengan adanya sosialisasi tentang perikanan diharapkan dapat bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai sumber daya perikanan.

Makmur selaku Presiden HMJ KEMAPI FIKP Unhas menuturkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan sebagai wadah untuk mengimplementasikan disiplin Ilmu Perikanan yang didapatkan dibangku kuliah.

Diharapkan masyarakat dapat melakukan sistem pengelolaan sumberdaya perikanan dengan baik secara lingkungan maupun sumber daya manusia.

“Dengan demikian kegiatan tersebut kedepannya dapat menambah wawasan masyarakat untuk bisa lebih memanfaatkan fungsi-fungsi perikanan menjadi nilai-nilai ekonomis untuk menunjang keberlangsungan hidup masyarakat setempat,” jelas Makmur.

HMJ KEMAPI FIKP Unhas melaksanakan pengabdian masyarakat dengan beberapa agenda kegiatan, yakni sosialisasi pemberdayaan masyarakat dan sumberdaya pesisir, praktik pengolahan perikanan, penanaman 1000 bibit Mangrove, dan restocking benih ikan bandeng. (*/fikp/dhs).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *