22 Tahun AMAN dan penilaian Direktur Jurnal Celebes

  • Whatsapp
Mustam Arif pada perayaan 22 tahun AMAN di Makassar (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pada ulang tahun Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Mustam Arif, Direktur Jurnal Celebes menyebut bahwa AMAN besar bersama Organisasi Masyarakat Sipil/CSO. Jurnal Celebes adalah LSM yang aktif mendorong advikasi sosial dan lingkungan di Sulawesi dalam satu dekat terakhir.

“Dukungan CSO selama ini menempatkan AMAN sebagai organisasi massa yang kini memiliki kekuatan kemandirian dan jejaring yang luas,” ujarnya.

“Ke depan, semoga AMAN agar terus memperkuat jejaring kolaborasi dengan CSO. Dukungan CSO itu tidak semata dibangun untuk menghimpun kekuatan publik dan bergaining politik. Mitra dengan CSO juga lebih diarahkan untuk memperkuat eksistensi masyarakat adat,” harapnya.

Dia juga menyebut peran kolaboratif CSO dari berbagai bidang melengkapi keterbatasan AMAN dalam upaya memperkuat kapasitas SDM, kepastian wilayah kelola, serta pengembangan dan penguatan lembaga-lembaga ekonomi komunitas.

“Selain memperkuat mitra strategis yang ada, AMAN perlu mengembangkan lagi peran mitra CSO di bidang-bidang yang dianggap masih menjadi sisi lemah dalam penguatan komunitas masyarakat adat,” tambahnya.

“Pengalaman menunjukkan program kolaborasi AMAN di Sulawesi Selatan dengan CSO di daerah ini telah membuahkan hasil, terutama dalam kepastian wilayah kelola dan pengembangan ekonomi komunitas,” tutupnya.

Related posts