Karang Taruna Tunas Awainulu gelar Sabtu Bersih di lokasi Permandian Pocuncui

  • Whatsapp
Anggota Karang Taruna Tunas Awainulu saat melakukan aksi bersih di Permandian Pocuncui (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kaum muda adalah salah satu unsur penting dalam mengawal dan menjaga potensi pembangunan daerah. Kaum muda bertanggung jawab atas keberlangsungan lingkungan setempat seperti lokasi wisata permandian alam Pocuncui di Awainulu, Kecmaatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton.

Kaum muda, melalui Karang Taruna Tunas Awainulu telah menggelar bakti sosial pembersihan kawasan wisata permaindian Pocuncui, Sabtu, 13/2/2021. Kegiatan berlangsung antara pukul 7 hingga pukul 10 pagi.

Read More

Ketua Karang Taruna Tunas Awainulu, Ahmad Rizal Zulkarnaen menyatakan bahwa tujuan aksi yang disebut Sabtu Bersih ini adalah untuk menjamin kebersihan lokasi permandian Pocuncui sehingga nyaman dikunjungi wisatawan atau pengunjung.

“Ini adalah salah satu spot wisata yang masih alami, aset kita sehingga ke depan tinggal bagaimana nantinya kami perindah untuk layak dikunjungi serta menjadi destinasi wisata permandian di Buton,” katanya.

Menurutnya, di permandian Pocuncui mempunyai mata air yang jernih dan bersih. “Masyarakat setempat kalau minum tinggal mengambil air di situ untuk dikonsumsi setiap harinya,” sebut Rizal.

Dia juga menyatakan bahwa kegiatan bersih-bersih di area permandian tersebut dilakukan karena banyaknya sampah berserakan.

“Khususnya sampah plastik telah menjadi salah satu masalah utama di wilayah permandian ini,” tambahnya.

“Pembersihan permandian Pocuncui ini, dilakukan dengan mengumpulkan dan membuang sampah, sampah plastik, hingga material kayu yang ada di sekitar wilayah. Hal ini untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan juga untuk kelancaran tempat permandian dan pengambilan air bersih,” tambah Rizal.

Para pengurus Karang Taruna Tunas Awainulu di lokasi Permandian Pocuncui nan memukau (dok: istimewa)

Sementara itu, Subarman selaku anggota Karang Taruna Tunas Awainulu mengatakan kegiatan gotong royong tersebut merupakan upaya positif dari kegiatan Karang Taruna Tunas Awainulu yang dapat terus dilakukan.

“Ini perlu untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di wisata permandian Pocuncui karena permandian ini merupakan salah satu wisata yang sering dikunjungi oleh masyarkat luar dari kelurahan Awainulu termasuk dari kampung Awainulu,” jelasnya.

“Fasilitas yang ada harusnya menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat, kebersihan tempat ini akan memberi dampak bagi semakin banyaknya tamu yang datang, Kalau pengunjung meningkat maka pendapatan masyarakat pasti meningkat pula,” ujar Subarman.

Lurah Kelurahan Awainulu La Ribe, S.IP, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda karang taruna tunas Kelurahan Awainulu ini sangat positif.

“Semoga ke depanya tempat wisata permandian ini semakin bersih, dan dapat menjadi obyek wisata unggulan dan jadi icon daerah,” harapnya.

Dia menyebut bahwa sebagai Pemerintah Kelurahan Awainulu, pihaknya bangga dan salut program kerja yang dilakukan  pemuda Awainulu.

“Kami apresiasi kaum muda Karang Taruna Awainulu atas komitmennya menjadi aset kelurahan kita,” pungkas La Ribe.

Kontrubutor: Jawadin

Related posts