Generasi muda Awainulu siapkan Sabuah untuk pesta adat Maataano Santa

  • Whatsapp
Lokasi pembangunan sabuah di Awainulu (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pesta adat tahunan selalu digelar di Tanah Buton terutama di Kelurahanan Awainulu. Ini merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan secara turun termurun oleh para leluhur terdahulu.

Adalah benar bahwa pada era globalisasi perubahan pola hidup masyarakat kelurahan Awainulu semakin bergeser ke hidup moderen. Akibatnya, Sebagian masyarakat khususnya generasi pemuda abai pada pelestarian nilai-nilai budaya yang turun temurun.

Meski demikian, inisiatif terus tumbuh meski salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam pembuatan bangsal (sabuah) pesta adat di kelurahan Awainulu yang dilaksanakan pada Kamis, 28 0ktober 2021.

Read More

Ketua karang taruna Awainulu Agus Tinus, S.E mengatakan peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa dalam pengembangan nilai-nilai budaya Buton sangat penting.

“Karena itu kita harus mempunyai rasa kebanggaan tersendiri memiliki beragam seni dan budaya yang merupakan aset daerah kabupaten Buton. Ini yang harus kita dorong,” katanya terkait kegiatan tersebut.

Menurut Agus, generasi pemuda dilibatkan dalam struktur kepanitian pesta adat kelurahan Awainulu, dan segenap pemuda bekerja sama dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat, agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.

Kaum muda Awainulu mempersiapkan sabuah (dok: istimewa)

La Saluru, S.Pd,. S.D, sebagai panitia penyelenggara kegiatan mengatakan Pesta Adat Tahunan akan  diselenggarakan di halaman Baruga Adat Kelurahan Awainulu.

“Karena generasi muda Awainulu sebagai ujung tombak maka mereka dimotivasi untuk menyukseskan serta bekerja sama dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat Awainulu terkait pesta adat tahun ini, demi untuk melestarikan nilai-nilai budaya,” katanya.

Menurut La Saluru, acara tahunan ini digelar sebagai wujud kepedulian masyarakat Kelurahan Awainulu dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya yang telah dilaksanakan secara turun termurun.

“Tujuan pelaksanaan Pesta adat malam hari ini adalah ingin mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang telah tercipta di tengah masyarakat,” jelasnya.

“Kedua, mempererat hubungan silaturrahmi antara masyarakat kelurahan Awainulu dengan masyarakat desa atau kelurahan yang ada di Kecamatan Pasarwajo maupun di luar Kecamatan Pasarwajo,” tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Lurah Kelurahan Awainulu La Ribe, S.IP.

“Kami mengucapan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara kegiatan pesta adat Maataano Santa, kepada adik-adik Karang Taruna Kelurahan Awainulu partisipasi semua masyarakat Awainulu. ” katanya.

 

Penulis: Jawadin

Editor: K. Azis

 

Related posts