Konselor bidang ekonomi Kedubes Jepang berkunjung ke Fakultas Teknik Unhas

  • Whatsapp
Rektor Unhas menerima kunjungan konselor bidang ekonomi Keduataan Jepang di Indonesia (dok: Humas Unhas(

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Konselor Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Mr. Shimizu Kazuhiko, melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Selasa (2/11).

Mr. Shimizu didampingi oleh Konsul Jendral Jepang di Makassar Mr. Yasue Katsunobu untuk meninjau pembangunan infastruktur Fakultas Teknik yang dibangun atas dukungan proyek bantuan pembangunan pemerintah Jepang, Official Development Assistance (ODA) untuk Indonesia.

Pemerintah Jepang telah sejak lama berkontribusi dalam memberikan bantuan kepada negara Indonesia sebagai upaya mewujudkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Jepang secara konsisten terus memberikan bantuan yang sesuai dengan tahap perkembangan yang dialirkan dalam berbagai bentuk bantuan, seperti bantuan aliran dana, teknologi, dan bantuan darurat korban bencana alam.

Diantara bantuan tersebut yang paling utama adalah Bantuan Pembangunan Pemerintah, yaitu Official Development Assistance (ODA) yang terdiri dari pinjaman Yen, Bantuan Dana Hibah dan Kerjasama Teknik.

Mr. Shimizu Kazuhiko melihat peluang kerja sama yang akan dirancang, melalui program pendidikan untuk meningkatkan hubungan dalam hal kolaborasi penelitian.

Beliau menyampaikan bahwa tidak hanya dukungan berupa materi, tetapi kontribusi besar dalam pengembangan sumber daya manusia sangat diutamakan melalui program pendidikan berkualitas.

“Kami sangat senang jika ada pengembangan program kerja sama pendidikan untuk memfasilitasi para dosen dalam melanjutkan pengembangan ilmu teknologi. Sehingga dapat mendorong peningkatan karya inovasi penelitian terbarukan,” jelas Mr. Shimizu.

Lebih lanjut, Mr. Shimizu Kazuhiko menyampaikan kegembiraannya mengunjungi Unhas yang memiliki capain prestasi, sehingga ia berharap Unhas akan terus menjadi mitra terbaik Jepang. Kunjungan tersebut sebagai bentuk komitmen mendekatkan hubungan kerja sama Jepang dengan Unhas.

Mr. Shimizu melakukan peninjauan dan memantau langsung pemanfatan sarana dan prasarana laboratorium dan fasilitas lainnya di Fakultas Teknik Unhas. (*/dhs).

Related posts