Bantu nelayan di masa pandemi, Bupati La Bakry bagikan armada tuna dan ketinting

  • Whatsapp
Bupati Buton, La Bakry bagikan perahu untuk nelayan (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pemerintah Kabupaten Buton membagikan bantuan stimulan armada nelayan tuna dan katinting. Ini merupakan bagian dari upaya penanganan masalah ekonomi nelayan di masa pandemi COVID-19.

Penyerahan dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Perikanan Ikan Pasarwajo, Jumat (08/01/2020).

Read More

Bupati Buton Drs. La Bakry M.Si hadir memberikan bantuan tersebut disaksikan anggota DPRD Buton Abu Bakar, Sabarudin Paena, Kadis Perikanan Kabupaten Buton Rasmin Rahman, S.Pi, MMA, Kadis PTSP La Madi S.Sos dan nelayan penerima bantuan.

La Bakry mengingatkan kepada masyarakat nelayan Buton agar bantuan yang diberikan baik armada katinting dan tuna digunakan dengan sebaik-baik mungkin dan tidak boleh dipindah tangankan kecuali dalam kelompok nelayan yang ada dalam kelompok koperasi.

“Saya minta bahwa bantuan  armada katinting dan tuna ini jangan dipindah tangankan, pakai untuk meningkatkan ekonomi keluarga, dan potensi perikanan kita saat ini.” pesan La Bakry

Menurutnya, apa yang diberikan ini sebagai salah satu bisnis pendapatan meningkatkan perkembangan ekonomi keluarga dan perkembangan ekonomi daerah kita saat ini di masa pandemi.

“Setiap penerima bantuan harus menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan meningkatkan ekonomi keluarganya dan perkembangan ekonomi daerah,” katanya.

“Saya berharap dengan bantuan ini akan bertambah lagi hingga kelompok masyarakat nelayan tersebut dapat mandiri sehingga tahun depan-nya bisa membantu yang lain, sehingga dalam lima tahun ke depannya bisa menjadi nelayan perikanan mandiri,” harap La Bakry.

“Bantuan ini digunakan dengan sebaik-baiknya dan harus menandatangani perjanjian agar dapat digunakan dengan baik sehingga punya pagar hukum,” tambahnya.

Dia juga menyatakan bahwa bagi yang belum dapat bantuan semoga bisa didapatkan untuk tahun ini, jika dana pemerintah besar maka akan diberikan semuanya hanya saja dananya terbatas.

Kadis Perikanan Kabupaten Buton Rasmin Rahman, S.Pi, MMA, mengatakan bahwa pemberian bantuan sarana perlengkapan dan alat bantu ini diberikan kepada masyarakat nelayan di seluruh wilayah Kabupaten Buton.

“Bantuan ini berasal dari DAK, DID awal dan DID tambahan. Untuk bantuan ini terdiri dari armada tuna 22 unit, ada armada tangkap katinting 47 buah dan ada 50 unit rumpon untuk semua masyarakat nelayan perikanan di Kabupaten Buton.” jelasnya.

“Bantuan ini harusnya di tahun 2020 namun DID ada beberapa perubahan sehingga penyelesainnya mengalami keterlambatan,” katanya.

Rasmin menjelaskan bahwa penerima bantuan hari ini mewakili masyarakat di tujuh kecamatan di Kabupaten Buton. Untuk pemanfaatan bantuan ini lebih lanjut akan disepakati kedua belah pihak di antaranya tidak boleh dipindah tangankan.

“Penerima secara rutin menyampaikan hasil tangkapan agar bantuannya bisa dievaluasi, khusus untuk bantuan armada tuna akan mendapatkan bantuan solar bersubsidi,” pungkas Rasmin.

Kontributor: Jawadin

 

Related posts