Kampung Penyu terancam abrasi dan sampah, Polres Selayar turun tangan

  • Whatsapp
Para peserta kerja bakri bersih patai di Kampung Penyu (dok: istimewa)

PELAKITA.ID – Kondisi pusat konservasi penyu Kampung Penyu di Dusun Tulang, Selayar yang terdampak gelombang hebat dan timbunan sampah membuat keluarga besar Polres Selayar turun tangan.

Sabtu, 16 Januari 2021, Polres Kepulauan Selayar menginisiasi kerja bakti untuk membersihkan pantai dan lingkungan Kampung Penyu dari sampah.

Read More

“Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah berpartisipasi dan peduli terhadap kondisi Kampung Penyu yang terdampak abrasi dan gelombang pasang,” kata Datu, pengelola Kampung Penyu.

Bersama komunitas konservasi, kaum muda dan warga Dusun Tulang, tim Polres Selayar membersihkan pantai Tulang serta merapikan lokasi penetasan telur penyu.

Menurutnya, dengan adanya giat ini semoga menjadi penyemangat bagi masyarakat Dusun Tulang, Pengelola dan Relawan untuk bersama-sama merawat Kampung Penyu.

“Ini merupakan langkah penting dan harus terus dilaksanakan, sampai kapanpun demi pelestarian dan menjaga keseimbangan alam,” katanya.

Kampung Penyu merupakan salah satu spot wisata di Selayar dan telah lama menjadi pusat edukasi konservasi hewan diindungi seperti penyu ini. Melalui Pak Datu dan kelompoknya berpuluh ribu telur penyu telah diselamatkan dan dikembalikan ke laut setelah proses penetasan.

Para pengunjung Kampung Penyu juga berdonasi untuk bisa berkontribusi pada pelepasliaran hasil penetasan telur penyu. Aksi ini merupakan aktraksi wisata lingkungan yang terus dikembangkan di utara Kota Benteng Selayar.

 

Editor: K. Azis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *