Mahasiswa UNHAS raih medali di ajang PIMNAS, ubah mata ikan jadi pomade

  • Whatsapp
Andi Tenri Nurunnisa (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Mahasiswa UNHAS raih medali pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) Ke-33 2020. Medali datang setelah mengubah mata ikan jadi minyak rambut.

Sang penemu mendapat meraih medali perunggu kategori poster untuk inovasi “Pomade Millenial dari Mata Ikan”.

Read More

Melalui wawancara, Senin (21/12) bersama Andi Tenri Nurunnisa selaku ketua tim diperoleh informasi bahwa inovasi ini hadir dari permasalahan rambut rontok dan ketombe pada penggunaan salah satu produk minyak rambut.

Tenri dan tim kemudian memanfaatkan mata ikan untuk membuat minyak rambut yang dapat menutrisi rambut dan kulit kepala.

Mata ikan memiliki sumber minyak ikan yang berkualitas lebih baik, dengan kandungan yang besar.

Mata ikan belum dimanfaatkan secara optimal, bahkan hanya menjadi limbah.  Olehnya itu, inovasi ini hadir, selain untuk menghasilkan produk juga untuk mengurangi limbah mata ikan.

“Untuk mata ikan yang kami gunakan adalah mata ikan tuna, karena sumber minyak yang dihasilkan lebih banyak dengan kualitas baik. Kami berharap inovasi yang kami ajukan dapat segera terealisasi,” jelas Tenri.

Terkait keikutsertaannya sendiri, Tenri bersama tim mempunyai cita-cita bersama yakni membanggakan Unhas sebagai institusi.

Selain itu, prestasi yang mereka raih menjadi salah satu tolak ukur kemampuan individu, guna menjadi bahan pembelajaran lebih baik ke depan.

Selama masa persiapan hingga perlombaan, Tenri menuturkan tidak mengalami hambatan yang berarti. Hanya saja, situasi pandemi mendorong ia dan timnya perlu penyesuaian terhadap metode perlombaan, yang semula luring beralih menjadi daring.

“Kami berharap semakin banyak inovasi dan prestasi yang dihasilkan oleh teman-teman mahasiswa Unhas. Selain memberikan dampak positif kepada Unhas sebagai institusi, juga ada manfaat besar untuk pengembangan diri. Untuk inovasi saya dan tim berharap ini dapat segera terwujud,” tutup Tenri.

Andi Tenri Nurunnisa adalah mahasiswa FIKP dan bekerja bersama anggota lain yaitu Adi Nugraha (FIKP), Abdul Rahman (FMIPA), Muhammad Taufik (FEB) dan Kiran Salsabilah (FEB). Sebagai dosen pendamping Dr. Nursinah Amir, S.Pi., MP.

Related posts