Terancam abrasi hebat, Kampung Penyu butuh dukungan publik

  • Whatsapp
Suasana Kampung Penyu saat ini (dok: Sileya Scuba Divers)

PELAKITA,ID – Musim barat telah tiba. Karena gelombang yang ekstrem di sisi barat Kampung Penyu, Selayar, memberi dampak buruk bagi Kampung Penyu.

Informasi tersebut diperoleh dari keluarga besar Sileya Scuba Divers yang mengabarkan situasi terkini Kampung Penyu, 13 Desember 2020.

Read More

Ya, sahabat sekalian, Kampung Penyu memang sedang limbung dan perlu antisipasi agar tak memburuk dari hari ke hari.

Kampung Penyu aadalah pusat perawatan dan penetasan penyu yang dikelola oleh Kelompok Konservasi yang ketuai oleh Pak Datu. Sudah beribu telur penyu telah ditetaskan sejak tahun 2013 dan menjadi wahana pelestarian yang bermanfaat bagi pelestarian biota dilindungi undang-undang.

Putra Pak Datu, penjaga Kampung Penyu (dok: K. Azis)

Pada hari-hari libur, ada banyak warga atau pendatang ke Selayar yang berwisata ke sini. Sunset di sekitar Kampung Penyu sungguh elok apalagi di sana pengunjung bisa bermain dengan tukik atau melepasnya sebagai bentuk donasi kepada alam

Untuk mencegah agar Kampung Penyu tidak rusak parah maka saat ini Sileya Scuba Divers menggalang dukungan untuk pembelian pasir, batu penahan gelombang hingga penyediaan alat pengaman lainnya.

Jika tertarik berdonasi – dalam bentuk dana atau barang – yang dibutuhkan silakan kontak akun instagram @kampungpenyu  atau Pak Datu +62 878-4078-7349 yang merupakan pengelola Kampung Penyu tersebut.

Thanks ya.

 

Penulis: K. Azis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *