Badan Pengelola Gelar Raker, Tokka Tena Rata Dipilih Jadi ‘South Gate’ Menuju Maros Pangkep Geopark

  • Whatsapp
Suasana pembukaan Rapat Kerja Badan Pengelola Maros Pangkep Geopark di Tokka Tena Rata (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID — Geopark Maros-Pangkep telah ditetapkan sebagai anggota Global Geopark Network di Marokko dua bulan lalu. Bupati Pangkep Yusran Lalogau dan Bupati Maros A Syafril Chaidir Syam yang datang menerima sertifikat tersebut.

Meski dua kabupaten itu yang terdaftar, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengaku yang mendapat banyak manfaat.
“Maros Pangkep Geopark ini memberi untung dan manfaat bagi Kota Makassar, apalagi jika potensi wisatanya dikembangkan dengan baik,” kata Danny saat ditemui Pelakita.ID, Minggu, 12/11/2023.

Karena itu, dia atas nama Pemkot Makassar bersemangat untuk berkolaborasi meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan geopark karena dampaknya ke Makassar.

“Makassar adalah gerbang menuju Geopark Maros-Pangkep,” kata dia saat memberi sambutan pada Rapat Kerja Badan Pengelola Maros-Pangkep Unesco Global Geopark di Tokka Tena Rata, 12 November 2023.

Danny menyampaikan itu di depan peserta undangan, seperti Pj Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala BKD Sulsel, Sukarniati Kondolele, Bupati Maros Chaidir Syam, Bupati Yusran yang diwakili Plt Kadis Pariwisata, General Manager Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep Dedy Irfan dan sejumlah undangan lainnya

Saat memberi sambutan, Dedy menyebut pihaknya menggelar rapat ini pasca-status UNESCO diperoleh di Maroko pada September dua bulan lalu.

“Tema yang kita usung ialah Kolaborasi Sinergi Pentahelix Geopark berkolaborasi dengan Pemkot Makassar apalagi Makassar sebagai Kota Dunia,” ucap Dedy.

Pihaknya ingin agar ikon Makassar sebagai Kota Dunia juga bersanding dengan kawasan Geopark Maros-Pangkep yang menjadi destinasi warisan dunia.

Di subtema backdrop tertulis  ‘Tokka Tena Rata is South Gate to Maros Pangkep Global Geopark’.

“Kami berharap ini menjadi momentum kolaborasi ditambah lagi lokasi Tokka Tena Rata yang memiliki banyaknya sejarah landmarknya, south gate menuju geopark,” kata dia.

Dia pun sepakat bahwa ke depan, benefit Pemkot Makassar ialah meningkatnya kunjungan wisatawan melalui pintu masuk Makassar.

Saat memberi sambutan, Danny menyatakan Geopark Pangkep-Maros ialah satu-satunya di dunia.

“Penelitian karbon menuliskan bahwa Leang-leang merupakan lukisan tertua di dunia,” ucapnya bersemangat disambut tepuk tangan.

Dia menilai Leang-leang dinobatkan sebagai lukisan tertua.

Dia pun mengaitkan bahwa banyak ahli sejarah bahwa ternyata umur peradaban dunia itu tidak lebih dari 11 ribu tahun. Dan Homo Sapiens itu tidak lebih dari 40 ribu tahun.

“Sementara, lukisan dinding yang merupakan inti dari Geopark Maros Pangkep berusia 49 ribu tahun, apakah ada hubungannya?” kata dia.

Dia berasumsi itu bisa saja berarti mengoreksi Homo Sapiens. “Dan yang kedua ialah ada makhluk cerdas sebelum Homo Sapiens.”

Dia menegaskan Makassar salah satu kota yang paling diuntungkan atas penetapan kawasan Geopark Maros-Pangkep.
“Salah satu kota penting penopang dan penunjang kawasan Geopark UNESCO itu,” tegasnya.

Pemilihan Tokka Tena Rata sebagai pintu selatan geopark diapresiasi Danny.

“Kita akan kembangkan sama-sama Tokka Tena Rata ini, kawasan ini sudah terbuka aksesnya ke arah Maros, semua bisa lewat jalur dari sini,” ucap Danny.

Sejumlah tokoh menghadiri pembukaan rapat kerja badan pengelola seperti Andi Sapri Pamulu yang merupakan Dirut Indah Karya, salah satu pilar Ikatek Unhas, Andi Irfan A.B. anggota DPRD Sulsel.

Nampak pula kepala balai taman Bantimurung dan Bawakaraeng, Heri Agung, Program Manager Flora Fauna Subhan Uya, Sekjen IKA Unhas Sulawesi Selatan, Hidayat Muhallim, jurnalis dan content creator di Liogmag, Mahfudz Sappe, hingga OPD, aparat penegak hukum dan awak media.

Selain sambutan-sambutan, peserta juga menyumbang lagu termasuk tuan rumah Danny Pomanto hingga Irfan AB dan Sapri Pamulu.

Pada acara itu dilaksanakan penyerahan plakat Maros Pangkep Geopark oleh general manager geopark Dedy Irfan Bachri kepada wali kota Makassar atas dukungan kepada Maros Pangkep Geopark selama ini.

Selain itu, diserahkan sertifikasi Global Maros Pangkep Geopark dari Dedy Irfan Bachri kepada Gubernur Sulsel yang diterima oleh Sukarniati Kondolele.

Penulis: K. Azis

Related posts