DPRD Makassar Setuju Alokasikan Rp30 Miliar Untuk Pilwali 2024

  • Whatsapp
Ketua Banggar Adi Rasyid Ali (dok: DPRD Makassar)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah kota Makassar, telah mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 sebesar Rp5,26 triliun.

Pemkot Makassar dan DPRD menyetujui untuk alokasi 40 persen atau sebagian yakni Rp30 miliar sebagai anggaran cadangan untuk persiapan Pilkada (Pilwalkot) Makassar 2024 yang digelar September 2024 mendatang.

Menurut Ketua Banggar DPR Makassar, Adi Rasyid Ali, Senin (2/10/2023) pihaknya telah mengesahkan APBD Perubahan 2023, Rp5,26 triliun.

Read More

“Dan di dalamnya ada Rp30 miliar untuk anggaran cadangan Pemilihan Wali kota 2024,” kata dia.

Dia menyebut, terkait pemilu maka pemerintah daerah diharapkan dapat melaksanakan amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 Dimana Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas.

“Merujuk pada edaran surat Mendagri maka Pemerintah Daerah dan DPRD wajib menyiapkan anggaran cadangan sebagai bentuk antisipasi kebutuhan pilkada serentak 2024,” kata dia.

Dia menambahkan, Pemerintah daerah Kab/Kota diminta siapkan anggaran cadangan pilkada serentak 2024. Nah kita di Makasssar DPRD sudah alokasikan lewat APBD Perubahan kisaran Rp30 miliar.

“Ini capai sebagian dari 40 persen itu,” jelas Ketua DPC Demokrat Kota Makassar itu.

Diketahui, total APBD Perubahan sebesar Rp5,26 triliun. Rinciannya, pendapatan sebesar Rp4,51 triliun dan belanja daerah Rp5,26 triliun. Sedangkan APBD Perubahan mengalami defisit Rp745 miliar.

Wali kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto merespon anggaran untuk pilkada 2024. Ia mengatakan ada alokasi, namun nilainya belum diketahui pasti.

“Komunikasi kami dengan TPAD Pemkot nilai Rp64 miliar. Nanti disepakati. Ini hasil diskusi bersama. Tapi ada juga bantuan dari Pemprov nanti bersarkan permohonan proposal shering anggaran pigub, kami butuh Rp54 miliar dari Pemprov,” kata DP.

Sumber: DPRD Makassar

Related posts