IRMAWATI, Berpengalaman Mengawal Pesta Demokrasi

  • Whatsapp
Irmawati Daeng Sona (dok" istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Irmawati Daeng So’na, punya jejak panjang sebagai perempuan aktivis.

Perempuan asal Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, itu bertekad mengawal proses demokrasi agar kian berkualitas dengan ikut seleksi menjadi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Takalar, periode 2023-2028.

Irma, begitu sapaan akrabnya, mengawali karier sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (pemilu), sejak tahun 2004.

Read More

Ketika itu, dia merupakan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Dusun Bonto Panno Desa Paddinging. Selanjutnya menjadi Ketua KPPS pada pemilu pada pemilu 2009. Perempuan kelahiran Bonto Panno, 1985 pernah pula menjadi pemantau independen…

Irmawati selain terkenal berintegritas, dia juga aktif, penuh semangat dan tegas. Kapasitas yang dimilikinya itu terbentuk sejak dia masik kanak-kanak. Sejak kelas 4 Sekolah Dasar (SD), dia telah menjadi binaan Plan Internasional, sebuah lembaga donor yang fokus pada pemenuhan hak-hak anak.

Plan Internasional Program Unit (PU) Takalar, pada tahun 1999-2000an, membentuk Dewan Anak, untuk memberikan pengalaman dan menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan demokrasi pada kelompok-kelompok anak binaannya.

Irmawati menjadi Ketua Dewan Anak di desanya, Paddinging, kemudian dia berhasil pula menjadi Ketua Dewan Anak di Kabupaten Takalar, pada saat dia masih duduk di kelas 1 SMA.

Dia juga menjadi wakil pemimpin redaksi pada media anak Buletin Paraikatte, tahun 2002, di bawah pembinaan langsung Rusdin Tompo dari LiSAN (Lembaga Investigasi Studi, Advokasi Media dan Anak).

Di usia remajanya, dia juga terpilih sebagai Duta Remaja Anti Narkoba pada tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dedikasinya dalam menyuarakan hak-hak anak di Takalar berlanjut. Bersama teman-teman anak binaan Plan, dia ikut mendirikan FIAT (Forum Interaksi Anak Takalar). Anggota FIAT tersebar di 15 Dewan Anak binaan Plan.

Hampir seluruh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Kabupaten Takalar tergabung di dalamnya.

Salah satu success story-nya, adalah ketika mereka berhasil membantu 700 anak memperoleh akta kelahiran gratis. Program ini merupakan cikal bakal lahirnya Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor 20 Tahun 2008 tentang Perlindungan Anak dan Sekolah Ramah Anak (SRA) di Takalar.

Dalam posisinya sebagai Sekcab (Ketua) Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Takalar, Irma banyak membantu Pemda Kabupaten Takalar dalam memberikan layanan publik.

Salah satu di antaranya, adalah mendampingi 435 Kepala Keluarga (KK) di Desa Paddinging untuk mendapatkan bantuan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Dalam kesehariannya sebagai Petani Alami, Irma merupakan anggota dari Perserikatan Petani Sulawesi Selatan.

Sebagai aktivis gerakan perempuan pedesaan, dia lama terlibat berjuang dalam penyelamatan lingkungan dan sumber daya alam. Tidak mengherankan jika dia memiliki networking dan massa perempuan, termasuk petani, di hampir semua provinsi di Indonesia.

Di Takalar sendiri, dia memiliki basis massa yang kuat dan militan. Karena dia selalu hadir di garda terdepan memperjuangkan keadilan bagi petani dan nelayan. Itulah mengapa, dia berhasil mengadakan Kongres Perempuan Pedesaaan pertama di Indonesia di Jakarta, pada Desember 2019, yang melahirkan Jaringan Perempuan Pedesaan (JPP) Nusantara.

Kongres itu, dihadiri perempuan pedesaan yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia, dari Aceh, NTT, Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Irmawati dikenal konsistensi dan berdedikasi pada apa yang menjadi idealismenya, terutama dalam pemperjuangkan hak-hak perempuan, anak dan lingkungan.

Irmawati, kerap mendapat penghargaan karena ketekunannya mengadvokasi kepentingan perempuan desa (dok: istimewa)

Makanya, ia terpilih sebagai penerima Beasiswa Bekal Pemimpin dari United in Diversity (UID) Foundation. UID merupakan lembaga yang saat ini dipimpin oleh Tantowi Yahya, mantan Duta Besar Indonesia untuk Australia.

Program Beasiswa Bekal Pemimpin merupakan salah satu program UID untuk memfasilitasi para pemimpin tri-sektor guna menciptakan solusi yang berkelanjutan, berkeadilan, dan berkearifan lokal.

Setelah menerima Beasiswa Bekal Pemimpin, pada tahun 2020, ia terpilih sebagai 6 besar calon penerima Fellowship Program dari Ford Foundation, USA.

Irmawati beruntung pernah menimba ilmu dari tokoh-tokoh gerakan perempuan Tanah Air. Sebagai anggota KPI, dia pernah dikader langsung oleh Zohra Andi Baso, dalam diskusi-diskusi terkait masalah perempuan di Sekretariat Forum Pemerhati Masalah Perempuan (FPMP) Sulawesi Selatan.

Tidak hanya pada gerakan perempuan dan kepemiluan, Irmawati juga merupakan pengurus dari lembaga adat Sanrobone Panrita.

Lewat forum ini, dia banyak berjejaring dengan pemangku adat, dan tokoh agama, di antaranya dengan pemangku adat Sanrobone dan Gallarrang Tonasa.

Irmawati merupakan perempuan butta panrannuang yang telah memiliki karya dan rekam jejak hingga tingkat nasional.

Dia merupakan sosok perempuan pemberani dan punya prinsip yang kuat. Dia menginspirasi perempuan dan warga, di antaranya melalui model advokasi yang dilakukan di desanya berupa pengembangan pertanian alami dan mendirikan sekolah perempuan petani alami di Kabupaten Takalar.

Dari profil singkat yang diulas dalam tulisan sederhana ini, terlihat jelas komitmen, konsistensi, dediskasi dan integritas perempuan aktivis ini, yang tentu tidak perlu diragukan lagi. (*)

Related posts