ISLA Unhas gelar buka puasa alumni dan mahasiswa, Darwis Ismail santuni anak yatim

  • Whatsapp
Ketua ISLA Unhas saat memberi bantuan untuk anak panti asuhan Al Kabiru (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA Unhas) menggelar acara buka puasa dan pemberian bantuan untuk anak yatim dari panti asuhan, Rabu, 5/4/2023.

Ketua ISLA Unhas, Darwis Ismail, S.T, M.M.A hadir dan memberi bantuan secara langsung kepada anak-anak panti Al Kabiru yang terletak di Jalan Pengayoman Makassar.

Acara bertempat di pelataran Kantor Lembaga Maritim Nusantara di Kompleks Azalea Kota Makassar.

Read More

Bantuan yang diberikan terdiri dari kitab suci Alquran, uang, coklat silverqeen, untuk 30 anak panti  serta 3 pengasuhnya.

Saat memberikan sambutan Darwis menyebut bahwa mahasiswa Kelautan harus punya karakter yang kuat.

Suasana jelang buka puasa (dok: istimewa)

“Mahasiswa harus punya kepribaidan yang kuat dan punya kreativitas,” sebut Darwis yang merupakan alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan Unhas angkatan 1992 ini.

Darwis yang baru pulang dari Luwu Raya untuk silaturahmi dengan kolega dan simpatisasnnya ini  juga memotivasi mahasiswa untuk tetap semangat di tengah persoalan dimana ada dua mahasiswa Kelautan yang sedang terancam DO.

“Proses hidup harus dilalui, jangan bersedih, rahasia Tuhan kita tidak tahu ke depan,” ucap Darwis yang mengaku saat selesai kuliah harus merantau ke Jakarta dengan menaiki kapal laut.

“Saat itu, saya belum punya apa-apa, tetapi di Jakarta bisa survive,” ujar CEO PT Teknocorp perusahaan konstruksi berbasis di Jakarta ini.

“Saya harapkan adik-adik jangan lemah dalam memperjuangkan masa depan,” imbuh ketua pemenangan DPP Partai PPP untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi ini.

Jangan di-DO

Dia juga berharap mahasiswa dan alumni yang hadir untuk banyak membangun komunikasi dengan senior. “Kalian harus punya pilihan, motivasi dan minat, di situ sudah ada rezeki kita,” ucap Darwis.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan bahwa atas nama ISLA Unhas dia berharap tidak ada vonis DO untuk mahasiswa Kelautan yang saat ini sedang ada di Polrestabes Makassar karena disebut dalang tawuran sekitar tiga pekan lalu.

Dia berharap pihak Rektorat tidak berlebihan dalam menangani mahasiswa.

“Sebagai manusia kita punya hari nurani, kita tidak tahu jika kita mengalami nasib serupa,” katanya berkaitan harapan agar Rektor bisa meringankan hukuman mahasiswa Kelautan.

“Harapan kita minimal wajib lapor tanpa harus di-DO,” ujarnya.

Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yattim oleh ISLA Unhas (dok: istimewa)

Setelah sambutan Darwis dilanjutkan dengan ceramah Islam oleh K.H Syamsuri denga tema pentingnya menyukuri nikmat Allah SWT.

Pada saat yang sama juga dilanjutkan doa bersama untuk almarhum Dr Muhammad Lukman yang wafat pekan ini. Lukman adalah alumni Ilmu Kelautan Unhas yang menurut Darwis banyak terlibat pada kegiatan-kegiatan ISLA Unhas di Jakarta.

Sekitar dua ratusan mahasiswa dan alumni Kelautan menghadiri acara buka puasa yang telah menjadi kegiatan rutin ISLA Unhas ini. ISLA Unhas menyiapkan 250 paket berbuka puasa.

Beberapa alumni Kelautan yang hadir di antaranya Muchsin, Dr Syafyudin Yusuf, A.M Riady, Kamaruddin Azis, Atjo Alamsyah, Yusran Nurdin Massa, Irham Rapy, Habil Noor, Abdu Muis, Dr Jusman hingga perwakilan angkatan dari angkatan 90-an hingga mahasiswa angkatan 2022.

Nampak pula jurnalis senior Mulawarman yang datang bersama Darwis Ismail.

 

Editor: K. Azis

Related posts