IKAFE gelar Tur Ramadan di 8 kota, perkuat jejaring alumni milenial

  • Whatsapp
Buka puasa IKAFE Unhas di Jabodetabek (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID- Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi atau IKAFE Unhas menggelar tur Ramadan di delapan kota di Indonesia.  Salah satu titiknya adalah di Jabodetabek.  Acara berlangsung meriah dan diikuti alumni milenials.

“Luar biasa, apalagi dengan kehadiran milenial-milenial muda Ikafe yang menyempatkan waktu menghadiri kegiatan berbuka puasa di Hotel Atlet Century,” kata Sekretaris Umum Ikafe Muhammad Suaib Mappasila,  Selasa, 4/4/2023.

Suaib menyebut, mereka, kaum milenials itu rela meluangkan waktu untuk bertemu dengan senior-senior yang  angkatannya jauh di atas mereka untuk bersilaturahmi, mendekatkan diri, memperkuat serta memperluas jejaring Ikafe.

Read More

“Meski dijejali kesibukan, alumni muda Ikafe tersebut memberanikan untuk meminta izin atasan dan rekan kerjanya untuk dapat berkumpul-kumpul dengan senior sesama almamater,” ucap Suaib.

“Di antaranya banyak yang bekerja di perbankan, asuransi, migas dan regulator industri keuangan,” sebut Suaib.

Pada foto yang dibagikan Suaib tampak di antara alumni muda ada Wakil Sekretaris III Ikafe Ady Suriadi, Ketua Bidang Humas dan Publikasi Adhyatma Arifin, Kun Agung Sumarno, Sultrayani dan Annas Cahyadi yang merupakan alumi muda pemimpin Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakarta.

Selain itu ada juga perwakilan 2017 seperti Nandarima Shasha Ismi, Adinda Asiah M.A.P. Yunus, Dinda Averina Dwiyanti, Anggy Khuznul K. Aspar, Sul Iman Syahrul, M. Fadel Dwi makmur, Andi muhammad Alief ichwan dan Fandy Suryansyah

“Saya suka sama environment buka puasa Ikafe Unhas karena bisa berbaur di berbagai kalangan angkatan, hopefully keep spirit Tour Ramadan Ikafe dijaga interaksi lintas angkatannya. Overall, eventnya bagus dan super fun,” ujar Fandy Suryansyah.

Fandy adalah anak muda Ikafe yang kini berkarir di Superbank, sebuah bank digital kolaborasi Emtek, Singtel dan Grab.

Fandy mengharapkan event ikafe selanjutnya, semakin memperkuat militansi Ikafe sehingga networking lintas angkatan dan generasi semakin erat dan memberikan nilai tambah bagi alumni muda yang sedang berjuang meniti karir di berbagai kota.

“Saya berharap Ikafe Unhas dapat membantu kami terus bisa menambah relasi dan networking sesama Ex-ekonomi Unhas,” ucap Fandy.

“Jadi gak sebatas relasi ke sesama ilmu ekonomi tapi manajemen dan akuntansi,” jelasnya.

Alumni muda lainnya Dinda Averina Dwiyanti mengungkapkan rasa bahagianya bisa disambut dan dijamu dengan baik oleh senior-senior mereka, sehingga acara Tour Ramadan Ikafe menjadi begitu berkesan dan meninggalkan pengalaman positif baginya.

“Ini pertama kalinya saya ikut acara Ikafe Unhas dan alhamdulillah disambut amat baik sama kakak-kakak. Semoga ke depannya Ikafe Unhas khususnya yang di Jabodetabek bisa lebih sukses dan semakin solid,” ucap alumni Ikafe yang kini berkarir di Pertamina ini.

Selain dihadiri alumni muda, acara buka puasa ketiga Ikafe Unhas juga diramaikan  jajaran senior Ikafe.

Di antaranya Pembina PP Ikafe Unhas Fankar Umran, Ketua Umum Hendra Noor Saleh, Sekjen Suaib Mappasila, Ketua II Muswirah Jusuf Kalla, Ketua III Supardi Najamuddin, Bendahara Umum Farida Toekan dan Wakil Bendahara Nureni Pou.

Selain itu tampak hadir juga Syamsul Rijal R Moeslang, Mashud Andi Masdjono, Nuriksan Nurdin, Ishak Saing, Dr. Andi Muhammad Sadat, Agus Maio; Rahmawati Syamsul, Faisal  A Saud, Muhyiddin Dj, Ichsanuddin Bencana, Farid, Kolonel M Taha Mannahaung.

Lalu ada Titien Syukur, Andi Sunra, Fikri Rumi, Aditya Alfa dan berbagai senior lintas angkatan dan lintas fakultas seperti Anty Rivai, Sukma Syukur, Ilham Anwar dan Desco Isprianto yang menjadi MC.

Peserta yang hadir kurang lebih 70 alumni, berbuka riang gembira, termasuk dari alumni non-muslim seperti Wenda Taufik dan Tieneke Tandiawan yang menggambarkan semangat kekeluargaan dalam atmosfer Ikafe Unhas.

Harapan Pembina

Pengurus Dewan Pembina 2022-2026 Fankar Umran mengutarakan, soliditas alumni harus dijaga dengan mengintensifkan momen silaturahmi.

“Seperti yang dilakukan Ikafe dengan menggelar acara Tur Ramadhan 8 kota ini,” sebut Fankar.

Menurutnya, rutinitas pertemuan tidak hanya akan mengakbrabkan alumni, namun juga membuka peluang besar untuk lahirnya sinergi antar alumni dalam rangka peningkatan kapasitas keilmuan, kepemimpinan dan kewirausahaan yang memberi nilai tambah bagi alumni.

Yang sangat penting, tambah CEO BRI Insurance itu, dalam pertemuan lintas angkatan almamater akan selalu terbangun proses pembelajaran dan pengkaderan yang membangun wawasan, kekuatan emosional.

“Dan embuka pola pikir alumni yang dikemas secara santai dan penuh nuansa riang gembira,” jelasnya.

Dalam kurun panjang pengalaman karir profesionalnya sebagai bankir, Fankar mengatakan wadah komunitas seperti Ikafe ini adalah momentum untuk menemukan bibit pemimpin profesional untuk mengisi berbagai pos strategis di aneka industri bisnis.

“Karena setiap orang memiliki kecenderungan untuk menarik figur yang dikenal, diketahui jejak rekamnya dan mampu bekerja sama dengan  diri mereka atau relasinya,” tambahnya.

“Di organisasi-organisasi berbasis komunitas lain sangat kental tarik-menariknya dalam mengisi posisi strategis. Mereka tidak segan menarik juniornya ketika berada di atas puncak dan memiliki kewenangan,” ujar Fankar Umran yang sempat mengenyam pengalaman memimpin Kanwil BRI Jakarta II Ini.

Tur Ramadan Ikafe Unhas berikutnya akan berlangsung di Kota Makassar, pada tanggal 6 hingga 10 April 2023.

“Juga simultan dan estafet dengan kota berikutnya. Yaitu Sorong, Mamuju, Surabaya, Bandung, dan Balikpapan,” kunci Suaib Mappasila.

 

Editor: K. Azis

Related posts