Nikmatnya ayam bakar Tolping khas Bontonompo

  • Whatsapp
Ayam bakar Tolak Pinggang, yang khas dari Bontonompo (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pembaca sekalian, apakah sosodara sudah pernah menikmati sajian kuliner Ayam Bakar Tolak Pinggang khas Bontonompo nan menggiurkan itu?

Semoga sudah. Seperti apa kesan dan kenikmatannya?

Penulis menikmati untuk pertama kalinya Ayam Bakar Tolak Pinggang atau disingkat Tolping itu dua hari lalu. Telat ya? Iya, telat sebab ayam panggang ini sungguh nikmat.

Read More

Mengapa nikmat karena bumbunya yang khas, aroma ayam yang dibakar pun sungguh menggoda. Salah satu kelebihannya karena ayam Tolping dibakar dengan menggunakan arang bukan kompor sebagaimana yang lazimnya.

Untuk penulis yang tinggal di Sungguminasa Gowa nama Ayam Tolak Pinggang bukanlah nama baru. Namanya sudah meriung sejak lama.

Sekitar lima tahun lalu nama kuliner ini sudah sering terlihat atau melintas di timeline.  Sayangnya belum kepikiran atau belum dapat momen untuk mencicipinya. Ngeles!

Hasil penelusuran Pelakita.ID, penemu menu atau peracik ayam bakar Tolping adalah Dalaulang Bangsawan. Dia warga Bontonompo, sekitar 20 kilometer di selatan Kota Sungguminasa.

Tolping di Tokka Tena Rata

Setelah beberapa tahun eksis di Bontonompo, pemiliknya pun membuka  cabang di dua tempat. Satu di Jalan Hasanuddin Gowa berbatasan Makassar dan tak tanggung-tanggung di Mall TSM Makassar.

Nikmatnya khas

Menurut Ema Husain, seorang ibu rumah tangga yang gandrung Tolping, ciri utama kuliner ini adalah topping bawang putihnya nan khas. “Apalagi ditambah irisan jeruk nipis, cabe dan garam secukupnya,” ucap Ema.

Apa yang disampaikan oleh Ema itu diaminkan penulis.

Saat menikmati ayam Tolpong di kawasan Tokka Tena Rata dua hari lalu untuk pertama kalinya, langsung jatuh hati. Melihat irisan cabe, jeruk nipis dan ayam bakar bertabur bumbu bikin klepek-klepek.

“Enak betul ini ayam Tolak Pinggang,” kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomando sembari mengajak kami untuk menambah sepotong dua potong lagi.

Formasi andalan Ema Husain (dok: istimewa)

Penulis menuntaskan tiga potong ayam Tolping. Entah berapa potong yang diinikmati dengan lahap oleh kolega lain seperti Sahman A.T, Ferdi, Hidayah Muhallim hingga Mudzakkir Ali Djamil yang juga ditawari oleh Pak Danny.

Pembaca sekalian, jika ada tinggal di Sungguminasa, ada informasi kalau menub Tolping juga bisa ditemui di Warkop Makmur, Jl. Wahid Hasyim, depan bundaran Polres Gowa.

Selamat datang sajian kuliner Ayam Bakar Tolak Pinggang di Kota Metropolitan Makassar, Kota Makan Enak!  Tsah!

 

Penulis: K. Azis

 

 

Related posts