Info Kuliner: Daftar ‘Warkop Subuh’ di Makassar menurut Ustaz Kurniawan

  • Whatsapp
Ustaz Kurniawan Djaya (ujung kiri) bersama kolega di Sija Beruang (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ustaz Kurniawan Djaya, alumni Smansa Makassar angkatan 89 yang juga salah anggota tim Yayasan Kalla berbagi informasi tentang warkop mana saja di Kota Makassar yang masuk line up ‘buka sesubuh mungkin’.

Informasi itu disampaikannya saat ditemui Pelakita.ID di Warkop Sija Beruang, salah satu warkop favorit di Makassar, 25/10/2022.

“Kami sering berkeliling warkop, mengamati suasananya, tidak lama setelah salat subuh,” ungkapnya.

Read More

“Ada beberapa. Ada Warkop Tuang Guru di Jalan Kumala, Pa’baeng-baeng. Lalu ada Warkop 99 Pabaeng-baeng, Warkop Azzahrah jammi dibilang, ini paling ramai. Lalu ada Warkop 52 di Onta, cuma 52 agak padat kalau subuh,” sebutnya.

“Masih ada, ada Warkop Bunda di Pelita. Ada juga Warkop Anas. Semua saya sudah coba, Dottoro di Barukang juga tawwa. Lalu ada Kalista di samping Azzahrah. Inimi yang sering kami kunjungi,” kata pengurus Masjid Ar Rasyid Smansa 89 di Kampung Cedde, Biringkanaya ini.

Menurut pria yang tinggal di Bukit Baruga Antang  ini, ada beberapa alasan mengapa dan koleganya sering berkeliling warung kopi ba’da subuh.

“Biasanya dengan teman-teman jamaah dari Baruga., Kalau kita ingin makan songkolo kita ke warkop ini, kalau ingin lihat suasana ramai, riuh, kita pilih warkop ini. Mau lihat orang banyak maksudnya sepagi mungkin,” ucapnya.

“Warkop subuh, warkop yang buka tidak lama setelah selesai subuh. Kalau mau nasi kuning, ada tong warkop yang terkenal enak naskunnya, ada tong karena luasnya, karena sangat ramainya,” imbuhnya.

“Tapi yang bagus itu kalau warkopnya luas, ada lahan parkirnya. Ada tong warkop yang susah dapat tempat parkir, ada tong yang rebut atau bising sekali, banyak orang merokok,” katanya.

 

Penulis: K. Azis

 

 

Related posts