Unhas, kampus pilihan uji kompetensi Informasi Geospasial Indraja Kelautan dan Perikanan Kemendikbud Ristek

  • Whatsapp
Para peserta magang bersama tim Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Unhas (dok: istimewa)

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin memegang peranan penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing unggul dan transformatif. Bukan hanya untuk kawasan Indonesia bagian timur tetapi juga Indonesia secara keseluruhan.

Hal tersebut juga menjadi atensi dan tanggung jawab Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil sebagai  salah satu pilar Unhas.

“Untuk memperkuat kontribusi Universitas Hasanuddin kepada pendidikan tinggi vokasi dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki daya saing unggul maka kami membangun kerjasama dengan berbagi pihak,” ungkap Kepala Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang diketuai oleh Prof. Dr. Nurjannah Nurdin, ST.

Read More

“Salah satunya adalah Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) Kemendikbud Ristek,” ungkap Guru Besar Unhas bidang Geografi dan Informasi Spasial ini.

Suasana kelas pemaparan GIS dan dimensinya oleh narasumber (dok: istimewa)

“Baru-baru ini kami menerima peserta magang Dosen Vokasi dari Politeknik dan akademi, Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) Kemendikbud Ristek,” jelas alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan Unhas angkatan 88 ini.

“Peserta terpilih berasal dari Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Politeknik Muhammadiyah Magelang, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Nusa Utara,” ucapnya.

“Juga ada Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung, Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone, Akademi Maritim Pembangunan, Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan Wakatobi,” tambahnya.

Pelaksanaan magang dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 23 Oktober di Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Lantai 5 Gedung LPPM Unhas Tamalanrea.

“Di tempat kami berlangsung uji kompetensi bidang Informasi Geospasial sub bidang penginderaan jauh (Indraja) pada 20 peserta magang pada tanggal 24 Oktober 2022 di Laboratorium Data dan Informasi Geospasial Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Puslitbang LP3K, LPPM Unhas,” kunci Prof Nurjannah.

“Beberapa narasumber yang kami siapkan berasal dari Puslitang Laut, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil hingga pakar GIS non Unhas,” pungkasnya.

 

Editor: K. Azis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.