FIKP Unhas fasilitasi finalisasi dokumen akreditasi S2 Ilmu Kelautan dan S1 THP

  • Whatsapp
Suasana pertemuan Pendampingan dan Finalisasi Dokumen Akreditasi Program Studi S2 Ilmu Kelautan (S2-IKL) dan S1 Teknologi Hasil Perikanan (S1-THP) (dok: FIKP Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan FIKP Unhas menggelar kegiatan bertajuk Pertemuan Pendampingan dan Finalisasi Dokumen Akreditasi Program Studi S2 Ilmu Kelautan (S2-IKL) dan S1 Teknologi Hasil Perikanan (S1-THP),  Senin, 24 Oktober 2022.

Acara berlangsung di Hotel Swiss Bell Inn, Panakukang Makassar dan dihadiri oleh anggota tim Kelompok Kerja Penyusunan Dokumen Akreditasi kedua program studi.

Hadir pula Ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi (GPM-PR) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Pemateri  BAN PT Universitas Hasanuddin yaitu Prof. Dr. Hilal Anshary. M.Sc.

Read More

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyepakai dokumen akreditasi berupa Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) Program Studi S2 Ilmu Kelautan dan S1 Teknologi Hasil Perikanan,” jelas Dr Ahmad Faisal, Wakil Dekan 3 FIKP Unhas kepada Pelakita.ID.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua GPM-PR Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, dalam Sambutannya Dr. Nursinah Amir yang menyampaikan harapannya untuk segera difinalisasi.

“Sebagai Program Studi baru S2 IKL dan S1 THP, kita harus segera akselerasi agar terakreditasi sebagai syarat untuk meluluskan mahasiswa, Saat ini dokumen LED dan LKPS kedua progam studi sudah melalui tahap review dari tim review akreditasi Universitas,” ungkapnya.

“Sehingga diharapkan dalam waktu dekat dokumen akreditasi segera di-submit di SAPTO Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ucap Nursinah.

Sementara itu, Prof. Dr. Hilal Anshari yang juga sebagai salah satu assessor akreditasi BAN PT  menjelaskan secara rinci tentang berbagai hal yang menyangkut penilaian-penilaian dokumen akreditasi.

“Untuk mencapai akreditasi terbaik maka dokumen LKPS dan LED untuk setiap komponen tentunya harus mendapat point full,” ujar Guru Besar FIKP Unhas yang juga anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan TGUPP Sulsel ini.

Pada kesempatan tersebut Prof Hilal juga memberi penjelasan kriteria yang masih perlu diperbaki pada dokumen yang ada.

Pada forum tersebut diperoleh informasi bahwa saat ini Program S2 Ilmu Kelautan telah menerima mahasiswa selama 3 semester.

“Saat ini jumlah mahasiswa 14 mahasiswa dan diharapkan dengan terakreditasinya S2 Ilmu Kelautan maka jumlah peminat juga akan meningkat, apalagi kebutuhan S2 IKL di berbagai universitas cukup tinggi,” kata Dr Supriadi, ketua program S2 Ilmu Kelautan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dr. Syahrul ketua Prodi S1 THP dalam 2 tahun penerimaan telah memiliki jumlah mahasiswa 66 orang.

Kegiatan Finalisasi dilaksanakan sampai sore hari dengan kerja mandiri masing-masing taskforce, semoga di akhir tahun kedua program studi sudah terakreditasi.

 

Editor: K.  Azis

Related posts