Buka puasa bersama alumni Unhas, Andi Amran Sulaiman ajak bangun NKRI

  • Whatsapp
Dr Andi Amran Sulaiman mengajak alumnii berkolaborasi membangun NKRI (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Secara kelembagaan, struktur kepengurusan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin belum ada atau resmi namun di sela Buka Puasa IKA Unhas, ketua IKA Unhas terpilih pada Musyawarah Besar Universitas Hasanuddin di awal Maret 2022, Dr Ir H. Andi Amran Sulaiman, M.P menyebut pelantikan akan digelar 14 Mei 2022 .

Perlunya menyempurnakan AD/ART organisasi sebagai amanat Mubes IKA Unhas menjadi alasan mengapa pembentukan kepengurusan relatiif lama.

Read More

Yang kedua, Unhas yang besar dengan talenta kapasitas alumni yang luas dan tersebar ke seluruh pelosok negeri hingga internasional menjadi alasan lainnya untuk konsolidasi dan membangun komunikasi persiapan.

Pelakita.ID memperoleh kabar, formasi kepengurusan IKA Unhas 2022-2026 berisi 600-an orang dari berbagi fakultas dan daerah di Indonesia dan luar negeri.

Ketua IKA Unhas terpilih Mubes IKA Unhas Makassar, Dr ir Andi Amran Sulaiman, M.P telah menyatakan bahwa pelantikan pengurus IKA Unhas akan dihelat tanggal 14 Mei 2022. Bapak Bangsa, H.M Jusuf Kalla, disebut oleh bos PT Tiran Gorup akan hadir.

“Kita akan laksanakan pelantikan pengurus pada tanggal 14 Mei 2022. Pak JK akan hadir,” katanya di depan ratusan peserta buka puasa yang diinisiasi Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 itu di lantai I AAS Building, Rabu, 27 April 2022.

Selamat ulang tahun ke-54, ketua IKA Unhas, Dr Andi Amran Sulaiman (dok: istimewa)

Beberapa tokoh Sulsel dan politisi handal nampak duduk di barisan bos PT Tiran Group tersebut. Di antaranya Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi, anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil Sulsel II, Muhammad Aras, Rektor UIN Prof Hamdan Juhannis.

Lalu ada H.M Ilham Arief Sirajuddin (IAS), politisi Golkar Sulsel Rahman Pina, H. Idris Manggabarani, Direktur Perseroda Sulsel Citra Indonesia, Yasir Mahmud, Dr Muhammad Ridwan Arief (Fajar Group/Universitas Fajar), Mulyadi Saleh (Staf Ahli Bupati Pasangkayu), Kadis Pemberdayaan Masyarakat Susel,  Muhammad Saleh, Iqbal Djawad, Ph.D (FIKP Unhas), dan beberapa ketua IKA Fakultas di Unhas.

Beberapa aktivis Unhas tahun 80-an hingga 2000-an juga hadir. Seperti Mulawarman, Bachrianto Bachtiar, Husba Phada, Salahuddin Alam Deettiro, Baharuddin Solongi, Andi Amri, Sahman A.,T, Sahrum Makkuradde, Suharman,, Aslan Abidin, Amiruddin Pallawarukka, Akhmad ‘Omhe’ Syarifuddin hingga Ziaul Haq Nawawi

Acara buka puasa didahului penyampaian tausiah Ramadan oleh Rektor UIN, Prof Hamdan Juhannis yang mengingatkan perlunya kita semua memperbanyak kegiatan amaliyah, menjaga amanah sebagai pemimpin dan punya daya tahan (endurance) sebagai muslim.

“Kita harus punya daya tahan dalam menjaga dan melaksanakan amanah yang diberikan,” katanya.  Dia juga mengaku bangga sebab didapuk sebagai anggota kehormatan oleh Ketua IKA Unhas dan memberi ceramah di depan alumni Unhas.

Sementara itu, saat memberi sambutan, Andi Amran memberi penghargaan kepada keluarga alumni Unhas, kepada alumni-alumni dari Fakultas, kepada peserta buka puasa yang hadir di AAS Building, Jalan Urip Sumohardjo.

“Kita kolaborasi untuk negeri, kita bergandengan tangan, bagaimana kita melakukan yang terbaik untuk bangsa. Alumni Unhas harus menunjukkan pengabdian terbaik untuk ummat, alumni, bangsa, dan Sulsel,” sebutnya.

Dia juga mengingatkan ke depan, IKA Unhas bukan hanya sebagai ruang silaturahmi, tetapi juga wadah pertukaran gagasan. “IKA dan Unhas terus berkolaborasi melahirkan alumni-alumni andal untuk bangsa ke depan,” ucapnya.

Alumni yang hadir pada acara buka puasa di AAS Building (dok: istimewa)

Dia mengaku senang melihat antusiasme yang ditunjukkan alumni atau IKA Unhas secara umum. “Kami senang, itu ada harapan baru. Saya sampaikan mari kita kolaborasi untuk cetak alumni-alumni andal,” katanya. “Kita harap alumni ini tampil sebagai pencetak lapangan kerja seperti sekarang, bukan sebagai pencari kerja.”

Pada momen tanggal 27 April 2022, alumnus Fakultas Pertanian Unhas angkatan 1988 itu genap berusia 54 tahun. Di lantai I AAS Building, beberapa alumni yang selama ini aktif mendampinginya nampak menyiapkan beberapa kue ulang tahun  dan nasi tumpeng dari fakultas, salah satunya Fisip Unhas.

Andi Amran pun memberikan satu per satu menu sajian nasi tumpeng untuk kolega-koleganya tersebut.

“Kita silaturahmi bersama IKA Unhas, Kita kolaborasi untuk negeri, kita bergandengan tangan bagaimana kita melakukan yang terbaik untuk bangsa,” ajaknya.  “Kami harap semua alumni tunjukan prestasi untuk umat, alumni dan untuk NKRI,” pintanya.

Setelah acara buka puasa dilanjutkan salat Magrib, kemudian menggelar salat Isya dan tarwih berjemaah. Ratusan alumni dan ketua IKA Unhas tetap bertahan hingga salat witir berjamaah.

 

Editor: K. Azis

 

Related posts