Inovasi Mobil DF Cafe Sentra Wirajaya Makassar lolos seleksi proposal Sinovik 2022 Kemenpan RB

  • Whatsapp
Inovasi Sentra Wirajaya Makassar yang lolos seleksi administrasi Sinovik 2022, Mobil DF Cafe (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Asrul Sani, Aparat Sipil Negera pada Sentra Wirajaya Makassar, organisasi di bawah Kementerian Sosial berbagi kabar baik. “Alhamdulllah, proposal kami lolos seleksi administrasi seleksi kompetisi layanan publik 2022 ,” kata Asrul kepada Pelakita.ID, Kamis, 28 April 2022.

Inovasi layanan publik  bernama Mobil 3 D ini merupakan agenda tahunan Kemenpan RB yang merupakan ajang bagi organisasi pemerimtah berinovasi dalam menjawab tantangan fungsi pelayanan sebagaimana menjadi misi mereka.

Read More

“Ini inovasi yang kami kirim sebagai pengalaman pertama. Lolos seleksi administrasi Seleksi Inovasi Pelayanan Publik Sinovik,” ujarnya.

“Inovasi yang kami kirim ke Jakarta ini didasari pandangan bahwa keterbatasan fisik bukanlah menjadi penghalang bagi penyandang disabilitas yang menjadi penerima manfaat di Sentra Wirajaya Makassar untuk terus berinovasi dan berkreasi,” kata Asrul.

“Terbukti, dari hasil inovasi dan kreasi anak-anak penyandang disabilitas yang mengubah motor tiga roda  menjadi mobil unik dengan tampilan kekinian,” jelasnya.

Mobil kreasi itupun diberi nama Mobil DF Cafe. “Mobil DF Cafe itu sendiri merupakan singkatan dari Mobil Disabilitas Fisik Cafe, dimana mobil tersebut dirancang sedemikian rupa layaknya mobil bertemakan konsep café,” terangnya.

“Jadi konsep Mobil DF Cafe dibuat sebagai wadah untuk mengasah skill marketing dan menjadi tempat melatih skill kewirausahaan anak-anak penyandang disabilitas,” tambahnya.

Kursi roda elektrik, salah satu inovasi di Sentra Wirrajaya Makassar (dok: istimewa)

“Selain itu, mobil DF Cafe dijadikan sarana untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi penyandang disabilitas. Dengan menjajakan hasil produknya berupa aneka minuman dan makanan,” ucap Asrul.

“Pembelajarannya adalah mereka bisa berinteraksi dan  berbaur dengan masyarakat umum yang non disabilitas. Tentu hal ini menjadi ruang aktualisasi dari dalam menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak penyandang disabilitas,” lanjutnya lagi.

Asrul berharap, inovasi layanan anak-anak disabilitas ini dapat memberi kesadaran baru bagi siapapun bahwa anak-anak disabilitas pun bisa kontributif bagi pengembangan daerah dan masyarakat.

“Keberadaan Mobil DF Cafe juga menjadi ajang promosi akan hasil-hal karya anak-anak penyandang disabilitas yang selama ini mengikuti program layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berbasis residensial di Sentra Wirajaya Makassar,” jelas Asrul.

“Mohon doanya semoga inovasi Mobil 3 D ini dapat masuk ke tahapan berikutnya dan juara pada ajang Sinovik 2022,” tutupnya.

 

 

Editor: K. Azis

Related posts