FIKP Unhas dan Seicy Foundation gelar pengabdian masyarakat di Barrang Lompo

  • Whatsapp
Para peserta kegiatan pengabdian masyarakat tim FIKP Unhas dan Seicy Foundation (dok: Humas Unhas)

PELAKITA.ID – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Seicy Foundation menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Marine Station, Pulau Barrang Lompo, Makassar pada Sabtu (13/11).

Marine station merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Unhas sebagai wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan praktik lapang.

Marine station dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap sebagai sumber belajar bagi mahasiswa maupun dosen.

Read More

Dilengkapi fasilitas penelitian seperti laboratorium, fasilitas penginapan, fasilitas budidaya laut (kima dan abalone), fasilitas pelatihan pengembangan masyarakat, fasilitas pelatihan SCUBA dan snorkeling, pelatihan pemantauan terumbu karang, pendidikan tentang lingkungan dan sumber daya laut serta edutourism.

Kegiatan PKM resmi dibuka oleh Dekan FIKP Unhas Safruddin, Ph.D. Dalam pemaparan materinya kepada masyarakat Pulau Barrang Lompo, beliau menjelaskan terkait risiko masalah kesehatan atau bahaya penyakit yang rentan dialami oleh penyelam dan cara pencegahannya.

“Ada beberapa risiko Kesehatan yang sering terjadi dan harus tetap diwaspadai oleh para penyelam. Tentu hal tersebut menjadi elemen yang sangat berbahaya, sehingga perlu menjadi perhatian serius bagi penyelam agar dapat menyadari batas fisik mereka dan tidak memaksakan kondisi toleransi tubuh dan perlu banyak mengikuti pelatihan,” jelas Safruddin.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ahmad Bahar, ST, M.Si., hadir memberikan materi terkait ekowisata bahari dan eduwisata berbasis masyarakat yang sesuai untuk warga Pulau Barrang Lompo.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pada sesi ketiga oleh perwakilan Seicy Foundation yang memberikan edukasi terkait pengelolaan sampah di Pulau Barrang Lompo.

Pengabdian kepada masyarakat tersebut melibatkan sekitar 70 orang, terdiri atas dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan FIKP Unhas, dan turut didukung oleh perangkat kelurahan. Turut hadir pula Kurniati, SP., selaku Lurah Pulau Barrang Lompo.

Kegiatan ditutup dengan pemberian bantuan hasil kerja sama FIKP dan Seicy Foundation kepada 40 orang peserta PKM yang hadir. (*/fikp/dhs).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *