Tentang Dekade I Smansa Makassar dan rangkaian aksi keren hingga Desember 2021

  • Whatsapp
Perayaan Dekade 1 Smansa Makassar (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kreativitas di kalangan alumni Smansa Makassar sudah terbukti jauh sebelum organisasi IKA terbentuk. Kebersamaan mereka terpaut pada prinsip dan nilai solidaritas serta sikap ‘sikamaseang’ yang terjalin kuat sejak dari laman-laman studi di kawasan Jagung Bakar (Jalan Gunung Bawakaraeng).

Karena itu, sosodara tidak perlu heran jika ada sahabat alumni Smansa yang kesulitan, atau sedang berduka, maka status media sosial  hingga aksi nyata melalui pemberian bantuan dan dukungan sebagai manifestasi solidaritas itu bisa terpantau.

Penulis menyaksikan bagaimana sosok seperti Dr Arianto A. Patunru, alumnus 91, dosen ekonomi di salah satu universitas terpandang di Australia menuliskan kenangan dan kesan bersama koleganya yang berpulang, Captain Hasan Basri.

Read More

Pun, jurnalis handal seperti Tomi Lebang (91) dan akademi Dr Sudirman Nasir (91) yang juga melakukan aksi serupa melalui media sosial ketika mengetahui sahabatnya itu, Sang Kapten wafat.

Tentu, aksi tersebut tidak semata melalui pernyataan berdukacita atau romantisme pertemanan, tetapi juga melalui aksi dukungan kolektif alumni 91 untuk mengurangi beban keluarga korban.

Demikian pula halnya seperti ketika alumni Smansa 89 Makassar, yang dalam satu hari berpulang dua orang sekaligus ibundanya yaitu ibunda Yayuk Sultrarini dan Syam Sajuti.

Keluarga besar IKA Smansa 89 selain mengirimkan karangan bunga juga ikut menghadiri malam tausiah di rumah kedua alumni tersebut hari ini, 11/10/2021.

Begitulah, contoh kedekatan dan kekerabatan mereka. Tentu banyak bukti atas kebersamaan dan solidaritas yang hebat itu dari tahun ke tahun.

Nah, kreativitas lainnya yang sedang disiapkan saat ini selain persiapan Sulsel-Smansa 10K Run yang akan digelar dalam waktu dekat, adalah perayaan Dekade I IKA Smansa Makassar yang akan diluncurkan bersama IKA Smansa 71, 81, 91. 01 hingga 2011.

Dr Apiaty Amin Syam yang merupakan Ketua Panitia 1 Dekade Smansa Makassar menyebut peluncuran acara fenomenal tersebut akan digelar pada hari Sabtu, tanggal 16 Oktober 2021, pukul 06.00 hingga 10.00, di Rujab Wali Kota Makassar, Jl. Penghibur No. 7.

“Acara ini akan dihadiri Ketua Umum IKA Smansa Makassar, Andi Ina Kartika Sari dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto serta perwakilan dari angkatan 71, Prof Anis Irawan Kadir dari angkatan 1981, lalu Nirwan Niswan Mungkasa dari angkatan 91, Azwar A. Samad Siriwa dari 2001 serta Rifka Mumtaz Chalik Suang, dari angkatan 2011,” jelas Dr Apiaty Amin Syam dari angkatan 71.

“Temanya, we are many, but we are one,” imbuhnya.

Menurut Dr Apiaty, acara tersebut dirangkaikan beberapa kegiatan seperti launching Dekade 1 pada Sabtu 16 Oktober 2021, lalu ada aksi donor darah pada tanggal 23 Oktober 2021.

Keluarga besar IKA Smansa melalui PP IKA Smansa Makassar menggelar serangkaian acara strategis memperingati Dekade I Smansa (dok: istimewa)

“Termasuk seminar nasional pada 27 Oktober 2021, aksi Peduli Guru, pada Sabtu, 6 November 2021, turnamen futsal, Sabtu hingga Minggu pada tanggal 13 hingga 14 November 2021 serta perayaan acara puncak Dekade 1 pada Sabtu 4 Desember 2021,” paparnya.

Sahabat Smansa Makassar, yuk sukseskan acara-acara tersebut di atas, tandai kalender-ta, sosodara!

 

Penulis: K. Azis (Sosbofi 89)

Related posts