Badan Kesbangpol Sulbar gelar dialog revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Proviinsi Sulawesi Barat saat membuka acara dialog revitalisasi Pancasila di Kota Mamuju (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Eksistensi Pancasila dalam nurani warga negara Indonesia adalah sebuah keniscayaan yang bersemayam. Nilai-nilai Pancasila memiliki daya ikat yang tetap harus dirawat bersama. Pancasila mendahulukan pembangunan jiwa yang esensil sehingga sejatinya dapat dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pandangan Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat, H. Herdin Ismail saat berbicara di depan peserta Dialog Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat yang berlangsung di Hotel Berkah, Mamuju, (9/6/2021).

Read More

Menurut Herdin, disadari bahwa kegiatan membumikan Pancasila merupakan hal yang nisacaya dan mendesak di tengah situasi kebangsaan saat ini dan nanti.

“Badan Kesbangpol tidaklah cukup hanya sekali setahun menggelar dialog ini tetapi paling tidak memberikan tampilan bahwa prioritas pembangunan tidak harus selalu ditujukan pada kegiatan fisik saja. Tapi juga tidak kalah pentingnya keberadaan program maupun kegiatan non fisik,” jelasnya.

“Idealnya bisa juga mendapat atensi sebagaimana pesan para pendiri negara dalam bait syair Lagu Indonesia Raya yang mendahulukan pembangunan jiwa kemudian barulah pembangunan fisik,” imbuhnya.

Herdin berharap kegiatan yang dihadiri perwakilan tokoh agama, pemuda dan kelompok masyarakat ini bisa menjadi inspirasi dan memiliki manfaat untuk menguatkan cinta dan bela NKRI.

 

Editor: K. Azis

Related posts