Jusuf Kalla meresmikan auditorium multifungsi ‘JK Arenatorium’ Universitas Hasanuddin

  • Whatsapp
Dr. (HC) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla bersama undangan lainnya di depan JK Arenatorium Unhas (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

JK Arenatorium Unhas merupakan kombinasi arena dan auditorium yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal misalnya pameran karya seni dan budaya, konser seni dan pagelaran budaya, pertemuan ilmiah, olah raga dalam gedung, serta arena indoor multifungsi dengan kapasitas 1500 penonton.

PELAKITA.ID – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Dr. (HC) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, meresmikan secara langsung Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Hasanuddin, yang diberi nama “JK Arenatorium Unhas”.

Read More

Acara peresmian berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas di GOR Unhas, Kampus Tamalanrea. Acara ini terhubung secara live melalui kanal YouTube Unhas, Kamis (12/11).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., dalam laporannya menjelaskan bahwa sejak dulu Unhas berkeinginan memiliki sarana aktivitas dalam ruangan yang multifungsi.

Peletakan batu pertama GOR Unhas dilaksanakan pada 21 November 2011. Akibat beberapa kendala teknis, pelaksanaan pembangunan sempat terhenti. Namun, berkat dukungan berbagai pihak, akhirnya dapat diselesaikan dengan baik.

“Penyelesaian gedung tentunya melalui upaya yang tidak ringan dan sederhana. Berkat kontribusi berbagai pihak dengan menghabiskan anggaran sebesar 30 miliar, akhirnya bisa dilihat seperti saat ini. Unhas berterima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan,” jelas Prof Dwia.

Terkait dengan pemberian nama JK Arenatorium, Prof Dwia menjelaskan hal tersebut dimaksudkan sebagai motivasi bagi sivitas akademika Unhas untuk memperoleh inspirasi dari semangat dan kisah perjalanan hidup Jusuf Kalla.

Mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, S.T., memberikan apresiasi tinggi atas terselesainya pembangunan JK Arenatorium Unhas. Beliau berharap, gedung ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Dr. (H.C) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla., dalam sambutannya menyebutkan bahwa kehadiran arenatorium Unhas tentunya akan mendukung kemampuan mahasiswa dari berbagai hal, utamanya dalam bidang olahraga, seni, dan aktifitas lain di luar kelas.

“Modal mahasiswa bukan hanya kuliah, tapi bagaimana mahasiswa juga memanfaatkan waktu belajar di luar dari jam kuliah. Kegiatan olah raga dan seni itu salah satunya akan membentuk jiwa kepemimpinan dan menghasilkan generasi maju,” jelas Jusuf Kalla.

Lebih lanjut, Jusuf Kalla juga menyampaikan harapannya kepada Unhas untuk tetap aktif dan produktif mengembangkan kinerja menjadi kampus yang lebih baik dari kampus di pulau Jawa.

“Selalu Unhas yang terbaik di luar pulau Jawa. Kita mengharapkan masa depan Unhas lebih baik dan terus maju, terima kasih pula karena menggunakan nama saya untuk gedung ini,” ungkap Jusuf Kalla.

Peresmian JK Arenatorium Unhas ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh Jusuf Kalla didampingi Rektor Unhas.

Pada kesempatan ini, Jusuf Kalla juga meresmikan beroperasinya Mushallah Ummul Hasanah, yang terletak di lantai dasar Gedung Rektorat Unhas.  Peresmian mushallah juga ditandai dengan penandatanganan prasasti.

JK Arenatorium Unhas merupakan kombinasi arena dan auditorium yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal misalnya pameran karya seni dan budaya, konser seni dan pagelaran budaya, pertemuan ilmiah, olah raga dalam gedung, serta arena indoor multifungsi dengan kapasitas 1.500 penonton.

Kegiatan peresmian JK Arenatorium Unhas berlangsung lancar hingga pukul 11.30 Wita.(*/mir)

Related posts