Guru besar FIKP Unhas rilis buku ‘masterpiece’ Biologi Kelautan

  • Whatsapp
Prof Iqbal dan buku barunya (dok: istimewa)

DPRD Makassar

“Terima kasih bukunya Prof, Buku Biologi Kelautan sudah tiba, saatnya dibaca.”  Asriadi, hakim perikanan

PELAKITA.ID – Di tengah sangkaan publik bahwa banyak guru besar di perguruan tinggi besar tak produktif, kering ide dan hanya mengejar fulus tunjangan, Guru Besar Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin, Prof. Andi Iqbal Burhanuddin, M.Fish. Sc. Ph.D berhasil merilis buku ‘masterpiece’ bulan ini. Buku itu berjudul ‘Biologi Kelautan’.

Read More

“Biologi kelautan adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di laut yaitu kehidupan makhluk hidup bererta interaksinya dengan lingkungan. Ada banyak alasan untuk mempelajari spesies yang hidup di laut, khususnya mencakup studi aspek yang berbeda dari organisme, termasuk perilaku binatang di lingkungan laut,” katanya kepada Pelakita.ID terkait buku besutannya ini, 7 September 2020.

Menurutnya, buku Biologi Kelautan yang dirilis di tahun 2019 ini juga mengupas pola adaptasi untuk hidup di air garam dan interaksi antara organisme yang ada di lingkunganya.

Buku karya Prof Iqbal Burhanuddin (dok: Asriadi)

“Kemajuan ilmu dan teknologi, seiring dengan rasa ingin tahu manusia terhadap gejala-gejala alam, serta peningkatan jumlah penghuni planet bumi, serta pemanfaatan biota yang ada di laut bagi peningkatan kesejahteraan pun semakin tinggi,” jawabnya terkait mengapa buku ini menjadi penting.

Menurut Prof Iqbal, buku yang disusun secara singkat dan disajikan ke dalam beberapa bab ini, mencoba untuk memberikan informasi mengenai lautan sebagai habitat. “Termasuk hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungannya yang terjadi dalam habitat laut,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, berikut ini informasi terkait Buku Biologi Kelautan karya alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan Unhas angkatan pertama ini Spesifikasi Penulis: Prof. Andi Iqbal Burhanuddin, M.Fish. Sc. Ph.D Kategori: Perikanan Tahun: 2019 Edisi: I Cetakan: 1st Published Ukuran: 17.5×24.5 Halaman: x+230 Berat: 336 gram.

Related posts