DLH Makassar Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bank Sampah hingga Sekolah Dapat Penghargaan

  • Whatsapp
DLH Kota Makassar rayakan hari Lingkungan Hidup Sedunia (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar menggelar Hari Peringatan Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dengan menggelar sejumlah kegiatan. Puncak peringatan berlangsung di Hotel Gammara, Makassar, Senin, 26/6.

Wali Kota Makassar dalam sambutannya menyatakan, perayaan hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sebagai gambaran komitmen Pemkot dalam mengelola lingkungan hidup di Kota Makassar.

Terkait itu, sejumlah kegiatan telah digelar oleh DLH Kota Makassar.

Read More

“Saya mengapresiasi DLH Kota Makassar yang telah menggelar sejumlah kegiatan demi memeriahkan Hari Lingkungan Hiudp Sedunia ini,” sebutnya.

Wali Kota Makassar mengapresiasi sejumlah pihak, sebagaimana disampaikan oleh Asisten 3 Rusmayani Majid.

Pada perayaan ini diluncurkan pula tas pengganti kantung plastik (dok: Pelakita.ID)

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, kepada SKPD, kepada pihak swasta, kepada sejumlah sekolah,”  tambahnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas DLH Kota Makassar, Ferdi Muchtar menyebut pihaknya telah menggelar sejumlah kegiatan demi merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2023.

Beberapa di antaranya seperti aksi bersama SKPD dan pihak swasta dengan menggelar aksi bersih pasar Pa’baeng-Baeng.

“Juga penyiraman ecoenzym di TPA Tamangapa, tanam pohon demi mendukung bertambahnya ruang terbuka hijau, pemasangan 120 banner penyadaran masyarakat, pelarangan penggunaan kantung plastik dan penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang peduli,” jelas Ferdi.

“Salah satu yang juga telah disiapkan adalah akan terbitnya Perwali Pelarangan Kantung Plastik bernomor 21, tahun 2023 termasuk sosiaslisasinya,” tambah Ferdi.

Dia juga menyebut dalam tahun 2022 TPA Tamangapa Antang  dalam tahun 2022 diperoleh data bobot sampah tercatat mencapai 274.912,3 ton.

“38,5 persen adalah sampah plastik sementara sampah rumah tangga mencapai 24 persen,” sebut Ferdi.

“Karena itu pula tema perayaan tahun ini adalah Solusi untuk Polusi Plastik,” jelasnya.

Dia berharap dengan terbitnya Perwali tentang pelarangan penggunaan kantung plastik maka semua pihak seperti pemilik restoran, rumah makan, cafe, jasa boga, pusa perbelanjaan bisa meengurangi sampah plastik.

Sejumlah pihak hadir dalam pelaksanaan kegiatan di atas, selain perwkailan masyarakat, pemerintah kelurahan dan kecamatan, hadir pula anggota Dewan Lingkungan Hidup Kota Makassar, tim ahli Pemkot Makassar, pihak swasta dan mitra Pemkot dan sejumlah perwakilan sekolah.

Penghargaan ke sejumlah pihak

Pada puncak pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup ini diberikan penghargaan ke sejumlah pihak yang telah ikut serta dalam mengkampanyekan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Makassar.

Mereka di antaranya adalah PT Mitra Hijau, PT PLN Sektor Tello, RSIA Amanah, PT Semen Tonasa, United Tractors dan RS Optik Pertamina.

Penghargaan juga diberikan ke sejumlah sekolah dan Bank Sampah. Beberapa di antaranya Bank Sampah Asoka Tamalanrea, Bank Sampah Rosella Manggala dan Bank Sampah Urban Agro Farming.

Untuk sekolah di antaranya SMP 52, SD Panaikang 2, hingga SMP Negeri I Makassar.


Redaksi

Related posts