M Arsyad Nakhodai IKA Unhas Selayar, Danny: Jangan Biarkan Berjuang Sendiri

  • Whatsapp
Pengurus IKA Unhas Sulsel, IKA Unhas Selayar, Pemda Selayar dan Rektor ITSBM Benteng berfoto bersama (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pelantikan IKA Unhas Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung di Rayhan Square, Kota Benteng, Jumat 23 Juni 2023.

Ketua IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan Moch Ramdhan Pomanto melantik Muhammad Arsyad sebagai ketua dan disertai penandatanganan berita acara pelantikan.

Acara dihadiri oleh lebih seratusan alumni dari berbagai fakultas di Unhas. Pelantikan dihadiri oleh sejumlah tokoh Selayar termasuk Wakil Bupati Selayar, H. Saiful Arif.

Read More

Hadir pula Prof Akbar Silo, Rektor Institut Teknologi, Sains dan Bisnis Selayar.

Danny melantik H. Muhammad Arsyad, S.Sos, MM sebagai Ketua yang akan menakhodai IKA Unhas Selayar bersama Sekretaris Nasruddin Tadjuddin, SE, M.Si, Bendahara Hj. Mimin Julianti, SH, MH.

Muh. Arsyad yang terpilih pada Musyawarah Daerah (Musda) pertama pembentukan Daerah Selayar yang dilaksanakan pada Sabtu , 26 Oktober 2022 di Selayar.

Proses Pelantikan

Prosesi pelantikan ditandai dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan SK Kepenggurusan yang dibacakan Sekretaris IKA Unhas Sulsel, Hidayah Muhallim, pengukuhan, dan penyerahan pataka ke Muhammad Arsyad yang resmi memimpin IKA Unhas Kepulauan Selayar masa bakti 2022-2026.

Saat memberi sambutan, Ramdhan Pomanto meminta daerah IKA Unhas Kepulauan Selayar terus semangat dan berkontribusi mengembangkan potensi yang dimiliki Selayar.

“Secara karakteristik, Selayar merupakan salah satu pulau yang punya daya tahan atau resilient,” kata dia.

Meski demikian, menurutnya, Selayar tidak boleh dibiarkan sendiri untuk berjuang dan berkembang. “Tidak boleh Selayar dibiarkan berjuang sendiri. Selayar ini bagian dari Sulsel dan Indonesia,” imbuhnya.

“Yang pertama harus bantu Selayar adalah IKA Unhas Selayar dan IKA Unhas Sulsel,” ucapnya.

Penandatanganan MOU aantara IKA Unhas Selayar, IKA Unhas Sulsel dan ITSBM Selayar (dok: istimewa)

Dia juga menyebut Kepulauan Selayar merupakan salah satu tempat yang cukup diminati oleh anggota IKA Unhas.

“Selayar ini sangat diminati karena pelantikan ini termasuk yang paling banyak rombongan IKA Unhas datang ke sini, artinya memang orang merindukan pelantikan di Selayar,” ucapnya.

Pada kesemp;atan itu, Danny memaparkan konsep The Initiative of South Sulawesi yang meliputi sejumlah cluster mulai dari Selat Makassar hingga Latimojong.

“Selayar ini masuk ke dalam cluster Selatan Sulawesi Selatan,” sebut dia.

“IKA Unhas baik Wilayah Sulsel maupun Pusat siap melakukan inisiasi dan kolaborasi,” kuncinya.

Wakil Bupati Selayar yang ikut memberi sambutan membuat peserta pelantikan tertawa saat menyebut apa yang disampaikan Pak Danny sebagai sebuah konsep yang harusnya dia catat.

“Ini sudah bisa jadi satu rencana, luar biasa Pak Danny,” pujinya. Dia juga berharap IKA Unhas Selayar bisa membangun kolaborasi dengan Pemda dan unsur yang ada termasuk dengan IKAJOSS, dimana Saiful Arif sebagai anggotanya.

Menuruf Saiful Arif, Selayar tidak bisa disebut sebagai sekadar menerima remah sebab selama ini adalah sumber daya pembangunan yang dinikmati banyak daerah.

“Ikan-ikan Selayar yang kita nikmati itu seandainya ber-KTP, bisa jadi semua berasal dari Selayar,” ucap anggota IKA UGM Kagama ini.

Ketua IKA Unhas Selayar, Muhammad Arsyad memberi apresiasn ke pengurus IKA Unhas Sulsel yang datang ke Selayar.

Dia mengaku siap berkontribusi penuh bagi pembangunan Kepulauan Selayar melalui IKA Unhas.

Menurut pemilik Rayhan Square ini, IKA Unhas berisi banyak orang-orang hebat.

“Memiliki kompetensi di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, hingga entrepreneur,” terang salah satu pejabat Dinas di Selayar ini.

“IKA Unhas harus bisa menciptakan  muda. Banyak teman-teman IKA Unhas membuktikan bisa membuka lapangan kerja di sini,” sebut sosok yang merintis usaha perhotelan di Selayar ini sejak bertahun silam.

“Kami banyak butuh informasi dan bimbingan bagaimana membangun Selayar ke depan,” ujarnya.

Sekain proses pelantikan, acara diisi pula penandatanganan kerjasama antara Pemda Selayar dan IKA Unhas Selayar, penandatanganan kerjasama antara IKA Unhas Selayar dengan ITSBM Selayar.

Potensi Selayar

Sejumlah potensi pembangunan Selayar diharapkan menjadi arena pertaruhan alumni untuk ikut membangun daerah. Mulai dari potensi kelautan dan perikanan, pariwisata hingga pertanian dan perkebunan.

Salah satu kawasan di Selayar yang merupakan aset dunia adalah Atol Taka Bonerate yang luasnya mencapai 2 ribu kms persegi, atol ketiga terbesar di dunia setelah Kwajifein dan Suvadida.

Selain potensi pesisir dan  laut, Selayar punya potensi perbukitan seperti tanaman mangga, kemiri, jeruk hingga vanili.

 

REDAKSI

Related posts