IKA MAN 1 Kota Makassar gelar serangkaian kegiatan selama Ramadhan

  • Whatsapp
Gelaran Amaliyah Ramadhan MAN 1 (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Meski belum lama terbentuk, tapi kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Makassar, periode 2023-2027, terus menunjukkan aktivitasnya.

Selama bulan suci Ramadhan 1444 H, ada serangkaian acara yang dilakukan oleh pengurus, berupa kegiatan Amaliah Ramadhan.

Muh Radhy Mas’udy, Ketua Panitia Amaliah Ramadhan, menyampaikan  ada beberapa kegiatan yang dilakukan.

Read More

Di antaranya, Dialog Ramadhan dan Buka Bersama (bukber), yang dilaksanakan, pada 9 April 2023, di Hotel Almadera, Makassar.

Dialog Ramadhan menghadirkan narasumber Dr Drs Muhammad Nur Abduh M.Ag, dosen tetap UIN Alauddin Makassar, yang merupakan angkatan 1984 MAN 1 tahun 1984 (alumni 1987). Moderator dialog bertema “Baca Al-Qur’an dan Hubungannya dengan Alzeimer” ini adalah Andi Bunga Tongeng.

Kegiatan terbaru yang dilakukan, yakni berbagi takjil, pada Sabtu, 15 April 2023, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Amaliah Ramadhan IKA MAN 1 Kota Makassar.

Berbagi takjil di Depan Hotel Mercure Pettarani (dok: istimewa)

Kegiatan berbagi takjil menjelang berbuka itu diadakan di Jalan AP Pettarani. Pilihan lokasinya di depan Hotel Mercure, karena pertimbangan jalan yang relatif lebar, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan sikap kepedulian dan berbagi kebahagiaan dengan sesama,” kata Radhy.

Menurutnya, dengan semangat berbagi rezeki ini, diharapkan bisa menular ke kelompok-kelompok maupun komunitas-komunitas lainnya. Kegiatan ini, tentu juga memudahkan para pengguna jalan berbuka sekiranya mereka telat sampai di rumah.

Kegiatan ini, lanjut Muh Radhy Mas’udy, merupakan agenda pertama yang dilaksanakan dalam kepengurusan yang baru dilantik.

“Rencananya, kegiatan Amaliah Ramadhan ini akan jadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Ketua IKA MAN 1 Kota Makassar, periode 2023-2027, adalah Dr Ir Muh Aksar Datu, ST, MT,” ujar dia.

Aksi berbagi takjil MAN 1 (dok: istimewa)

Radhy menambahkan, kegiatan ini melibatkan panitia serta jajaran pengurus IKA MAN 1 Kota Makassar, didampingi oleh Dewan Penasihat, Drs Ahmad PA Samad, M.Si.

Selaku panitia, Radhy mengucapkan terima kasih atas partisipasi teman-teman sesama panitia. Juga rekan-rekan alumni lainnya yang sudah memberikan donasi, hingga kegiatan berjalan dengan baik dan meriah.

Ahmad P.A Samad, menyebut kegiatan Amaliah Ramadhan yang dilakukan pengurus IKA MAN 1 Makassar ini, sungguh luar biasa.

“Sebagai Dewan Penasihat, saya melihat kebersamaan dan kekompakan para pengurus IKA MAN 1, yang dilandasi nilai-nilai persaudaraan,” ucapnya.

Buka puasa bersama IKA MAN I (dok: istimewa)

Apresiasi juga diberikan Dra Syarifah AS, MM. Dia berharap, semoga kekompakan yang terjalin ini, menjadi persaudaraan yang hakiki. Dengan kerja sama ini, lanjut Syarifah, akan menjadi ladang amal di bulan suci Ramadhan ini.

Perasaan bahagia juga diungkapkan Ina Malania, alumni ’91. Menurutnya, yang paling berkesan pada saat kanda-kanda dan dinda begitu antusias berbagi.

“Karena di situlah indahnya berbagi, yang diharapkan bisa mendapatkan berkah,” sebut Ina.

Herawati Rahman, juga menyampaikan hal serupa. Katanya, melalui kegiatan Amaliah Ramadhan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan dan kepedulian sesama kaum muslim, dan semoga IKA MAN 1 selalu menjaga tali silaturahmi dan kompak selalu. (*)

Editor: K. Azis

Related posts