Bersua Danny Pomanto, Andi Duli sampaikan tiga hal

  • Whatsapp
Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menerima kunjungan Ketua IKA Unhas Sulsel dan tim di rumah jabatan (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kehadiran Danny Pomanto melantik IKA Unhas Daerah Soppeng menjadi ajang berbagi pandangan antara dua tokoh di Sulawesi Selatan. 

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak dan DP menggelar silaturahmi konstruktif terkait pengalaman, keberhasilan dan proyeksi tantangan pembangunan daerah.

Di tengah proses pelantikan IKA Unhas Daerah Soppeng, tokoh Soppeng yang biasa disapa Andi Duli itu menyampaikan sekurangnya tiga hal penting, mendesak dan perlu menjadi perhatian bersama terkait tantangan pembangunan daerah Soppeng.

Read More

“Tolong kita media beritakan ini,” katanya kepada Pelakita.ID, Sabtu, 19 Februari 2023 saat menerima Ketua IKA Wilayah Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto di rumah dinasnya.

“Pertama, sampaikan ke Unhas bahwa kami sangat berharap ada penambahan kelas vokasi menjadi empat,” katanya.  Selama ini, sudah ada dua vokasi dibuka Unhas di Soppeng.

“Sebenarnya awalnya disetujui empat tetapi karena ada pertimbangan lain yang baru jalan baru dua. Kami ingin empat,” jelasnya. Hingga kini sudah ada Vokasi Pertanian dan Peternakan.

Permintaan kedua pria yang akrab disapa Andi Duli itu adalah pengelolaan hutan di Soppeng untuk pemajuan warga Soppeng.

Menurutnya, selain terjadinya bencana karena pengelolaan yang kurang efektif, koordinasi pemanfaatan dan penyiapan ruang bagi warga sangat terbatas.

“Kami ingin ada pembangunan infrstruktur untuk warga yang tinggai di kawasan hutan juga. Warga kami banyak yang di daerah pedalaman, masuk kawasan hutan,” jelasnya.

“Intinya saya merasa belum efektif pengeloaan kawasan hutan kita ini,” ucapnya saat ditanya pelakita.ID

“Bukan semata menanam pohon digelar tiap tahun tetapi membantu menata dengan baik hulu hilirnya. Ekonomi warga dan kepastian keselamatan lingkungan,” jelasnya.

Dia menyampaikan itu sebab menurutnya Soppeng adalah bagian dari sistem Danau Tempe, sistem Sungai Walanae.

Dia berharap ada upaya bersama menyuarakan pengelolaan kawasan strategis seperti hutan, sungai dan kawasan permukiman warga.

Yang ketiga yang disampaikan Andi Duli adalah dukungan riset dan pemanfaatan fasilitas potensial seperti balai budidaya perikanan air tawar.

Saat bertemu Danny, Andi Duli didampingi ketua IKA Uhnas Soppeng Ir. Lutfi Halide.

Kehadiran Danny Pomanto di Soppeng dalam rangka pelantikan IKA Soppeng itu diisi pula dengan mengobservasi wisata daerah seperti Triple 8 Riverside Resort, lalu menjalin silaturahmi warga Soppeng di Warkop Semarang.

Danny didampingi Ketua Harian IKA Unhas Sulsel, Harun Ar Rasyid, sekretaris Hidayah Muhallim, Andi Bukti Djufrie, Maqbul Halim, hingga Ema Husain. (KAS)

Related posts