Jalan mudah meraih beasiswa di Unhas

  • Whatsapp
Dr Abdullah Sanusi, ujung kiri bersama beberapa alumni Unhas di Kampus Tamalanrea (dok: K. Azis)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Hasanuddin (Unhas) berkomitmen untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan berkualitas bagi semua kalangan.

Selain jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, beragam pilihan jalur masuk lainnya dapat dipilih oleh calon mahasiswa Universitas Hasanuddin di tahun 2023 ini. Baik melalui jalur mandiri, seleksi berbasis prestasi, jalur ketua OSIS, hingga seleksi khusus hafiz alquran.

Bagi mahasiswa yang berasal dari ekonomi  kurang mampu, tak perlu berkecil hati. Beragam beasiswa menanti jika mahasiswa Unhas.

Read More

Dari data tahun 2022, ada lebih dari tujuh ribu mahasiswa yang menerima beasiswa.

“Di tahun 2022, ada 7.844 orang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Jumlah ini berarti hampir 25 persen dari total mahasiswa Unhas mendapatkan beasiswa,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi, PhD. Dan di tahun 2023 ini, beragam peluang beasiswa menanti mahasiswa baru Unhas. 

Bagi mahasiswa yang berasal dari ekonomi kurang mampu, tersedia beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Khusus untuk KIP-Kuliah, jumlah penerima beasiswa ini terus meningkat setiap tahunnya dan setiap tahunnya pemerintah juga menambah kuota penerima beasiswa untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu,” tambahnya.

Selain KIP-Kuliah, masih ada beberapa beasiswa lainnya. Di antaranya beasiswa dari pemerintah daerah, lembaga amil zakat, lembaga perbankan hingga yayasan amal lainnya yang menjalin kerja sama dengan Unhas.

Khusus beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, selain menanggung biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT), besaran beasiswa juga termasuk mencukupi biaya hidup sehari-hari mahasiswa.

Meski membutuhkan syarat tambahan seperti prestasi di akademik dan lembaga kemahasiswaan, namun keuntungan dari beasiswa ini karena juga memberi keterampilan tambahan bagi mahasiswa penerima beasiswa.

“Beasiswa prestasi tersedia banyak di Unhas. Menariknya, selain beasiswa ini mengcover biaya UKT dan juga biaya hidup,  mahasiswa juga biasanya mendapatkan pembekalan peningkatan soft-skill dan kesempatan magang di perusahaan ataupun industry terkait. Dan ini menjadi tambahan bekal bagi mahasiswa ketika menghadapi dunia kerja nantinya, ” jelas Abdullah.

Mudah

Beasiswa ini umumnya berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perbankan hingga lembaga lainnya yang menjadi mitra kerjasama Unhas.

Dengan ribuan kuota dan beragam jalur penerimaan beasiswa ini, kesempatan mahasiswa menerima manfaat beasiswa terbuka lebar.

“Beasiswa kan tujuannya untuk membantu mahasiswa. Prosesnya pun mudah. Apalagi informasi beasiswa selalu di-update di laman media sosial Kemahasiswaan Unhas,” jelasnya.

“Jadi, jika menghadapi kendala mengenai UKT ataupun biaya kuliah lainnya, tinggal klik-klik saja atau berdiskusi dengan Bagian Kemahasiswaan. Selebihnya tinggal ikuti prosesnya. Gampang kan?” pungkas Abdullah Sanusi meyakinkan.

 

Editor: K. Azis

Related posts