Rektor Unhas lepas 5 dokter spesialis ke Turki

  • Whatsapp
Sumber: Suara.Com

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Sebanyak 5 orang dokter spesialis dilepas Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc ke Turki sebagai tim kemanusiaan.

Pelepasan tersebut dilakukan melalui saluran zoom di sela-sela kegiatan wisuda Rabu (8/2) pukul 10.30 Wita.  Kelima dokter yang diberangkatkan tersebut, 4 orang di antaranya spesialis bedah tulang (ortopedi) dan satu orang dokter spesialis anestesi.

“Kita melepas tim-tim dokter andalan Unhas ini untuk tugas-tugas kemanusiaan di Turki dan Syiria.,” kata Prof. JJ saat melepas tim dokter Unhas yang didampingi Dekan Fakultas Kedokteran Prof.Dr.dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK, FINASIM.

“Semoga bisa bekerja secara optimal dan berkontribusi signifikan dalam tugas-tugas kemanusiaan membantu masyarakat dan pemerintah yang terkena bencana gempa bumi di sana,” lanjut Prof JJ.

Mereka yang siap berangkat ke Turki (dok: Humas Unhas)

Sebelumnya, acara pelepasan ini diawali dengan pembacaan doa bersama kepada para korban gempa bermagnitudo 7,8 SR yang terjadi di Provinsi Gaziantep, Turki yang berbatasan dengan Syria.

Kelima dokter spesialis yang diberangkatkan tersebut adalah dr Jainal Arifin, M.Kes., SpOT(K) Spine, dr Muhammad Phetrus Johan, M.Kes., Ph.D(K), Dr.dr. Muh. Sakti, SpOT(K), Ismaharjuni Islamuddin S.Kep. Ns, dr Hisbullah, Sp An, KIC-KAKV.

Prof Idrus A Paturusi yang hadir di Zoom pada pelepasan tersebut juga menyampaikan harapannya agar tim yang berangkat ini tetap berkoordinasi dengan pemerintahan setempat agar kegiatan bantuan kemanusiaan bisa lebih efektif.

“Setelah sampai di sana, silakkan tim berkoordinasi dengan tim kesehatan pemerintahan Turkie dan Syiria,” harap Prof. Idrus

Ketika dihubungi secara terpisah, Prof. Idrus menyampaikan jika tim Unhas yang berangkat pagi ini nantinya akan bergabung dengan tim dokter kemanusiaan dari Kementerian Kesehatan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi kesehatan di tanah air.

“Tim gabungan ini besok akan terbang langsung ke Turki bersama-sama dengan menggunakan pesawat Herkules,” ungkap mantan Rektor Unhas ini.

Pada saat acara pelepasan berlangsung, secara spontan Ketua Ikatan Alumni Unhas  A. Amran Sulaeman  yang hadir di wisuda juga menyampaikan dan langsung memberikan bantuan kemanusiaan Rp 100 juta kepada korban gempa di Turki dan Syiria melalui tim relawan Unhas yang akan berangkat ke sana.

 

 

Related posts