FGD PDU Unhas: Model pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja sektor transportasi di Parepare

  • Whatsapp
Para peserta FGD (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Tim Penelitian Dasar Unhas (PDU) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin yang diketuai Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes, melakukan Foccus Group Discussion (FGD) terkait model pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja pada pekerja sektor transportasi Kota Parepare pada hari Sabtu, 06 Agustus 2022 di Bukit Kenari Hotel.

FGD ini dihadiri oleh para stakeholder yang berasal dari perwakilan BAPPEDA, Kasatlantas, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, RSUD Andi Makassau, RSU Dr. Sumantri, BPJS Kesehatan, Sopir Angkutan, Ojek Online, perwakilan dari semua Puskesmas Kota Parepare, tokoh masyarakat serta tim riset dari Unhas.

Kegiatan dibuka oleh ketua tim periset yang juga merupakan Dosen Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM Unhas.

Dalam sambutannya, ketua riset melaporkan bahwa riset ini bertujuan untuk mengembangkan model pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja sehingga membutuhkan masukan atau saran dari para stakeholder maupun masyarakat untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam meminimalisir kasus kejadian kecelakaan dan penyakit akibat kerja pada pekerja sektor transportasi di Kota Parepare.

Lebih lanjut, Lalu Muhammad memaparkan hasil literature review terkait indikator kecelakaan di sektor transportasi yang telah disusun oleh tim.

Selain itu, juga menjelaskan hasil rapid survey yang telah dilakukan oleh tim riset terkait kasus kecelakaan yang terjadi pada pengemudi kurang dari 6 bulan di Kota Parepare.

“Hasil pemaparan tersebut menjadi bahan kajian yang didiskusikan oleh para peserta FGD dalam rangka menemukan model pencegahan yang tepat untuk kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja pada pekerja sektor transportasi,” katanya.

Setiap peserta memberikan usulan dan saran selama berlangsungnya kegiatan, sehingga menjadi output bagi tim untuk merumuskan model yang tepat dalam mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja pada pekerja di sektor transportasi Kota Parepare.Tim riset berterima kasih kepada seluruh peserta FGD yang telah hadir dan aktif dalam memberikan usulan yang konstruktif.

Related posts