Haji Nursalam Tombong siap maju pada Pilkades Galesong Baru

  • Whatsapp
Siltaurahmi alumni SMP Negeri I Galesong angkatan 1986 (dok: istimewa(

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Di tengah suasana silaturahmi keluarga alumni SMP Negeri I Galesong tamatan 1986 di RM Tumbak Kayubangkoa Makassar, mencuat informasi rencana alumni yang hendak mengkuti kontestasi pemilihan kepada desa di Desa Galesong Baru, Kecamatan Galesong, Takalar, (Rabu, 28/7/2021)

Alumni itu adalah Haji Nursalam Tombong, pengusaha asal Desa Galesong Baru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

“Sebagai sesama alumni, tentu saja kami mendukung jika ada teman yang ingin maju sebagai kepala desa, atau bahkan pemimpin daerah yang lebih tinggi,” ucap Kamaruddin Azis Dg Nuntung yang kini bermukim di Tamarunang Gowa, salah seorang pendiri IKA SMP Galesong angkatan 1986.

“Untuk saat ini, kita dukung beliau untuk maju. Jika ada teman-teman alumni ingin maju tentu dengan senang hati. Khusus untuk alumni tentu kami dukung penuh,” ucapnya.

“Untuk saat ini, hanya beliau yang dikabarkan siap menuju Pilkades di Galesong dari angkatan 86,” tambah ketua Ikatan Sarjana Kelautan Unhas periode 2010 hingga 2012 yang lahir dan besar di Kampung Jempang Galesong ini.

Beberapa alumni hadir seperti Sampara Daeng Toro’, Supriadi Rurung, H. Nursalam Tombong, H. Zulkifli Dg Naba, hingga Aminah Ashar dan beberapa alumni lainnya.

Hal sama disampaikan H. Zulkifli Naba. Guru SMA Athirah ini mengaku senang sebab ada keinginan kuat dari teman sekolahnya yang ingin mendarmabaktikan tenaga, pikiran dan sumberdayanya untuk Galesong Baru.

“Haji Tombong figur yang ramah, punya latar belakang pendidikan tinggi dan bisa diandalkan. Pengalamannya sudah teruji dan jaringan luas,” kata Zulfikli, yang saat SMP sering disapa pemuda Jalan Johan Galesong.

Terkait apa yang disampaikan teman-temannya tersebut, Haji Nursalam menyampaikan penghargaan dan terima kasih karena dia didorong untuk maju sebagai calon pemimpin Galesong Baru.

“Terima kasih atas dukungan teman-teman. Mohon doanya semoga persiapan lancar dan kita bisa berkontribusi pada kemajuan Desa Galesong Baru, atau Galesong secara umum,” kata sosok yang dikenal punya beragam usaha ini, mulai dari jual beli hasil perikanan, apotik hingga rumah makan ini.

Nursalam Daeng Tombong adalah alumni IAIN Alauddin (kini UIN), dia satu angkatan dengan Rektor UIN Makassar saat ini Prof Hamdan Johannis.

“Meski bukan warga Galesong, sebagai teman kelas, tentu kami dukung. Semoga masyarakat Galesong Baru bisa memperoleh pemimpin berkualitas ke depan,” tambah Sampara Daeng Toro’ pria yang bermukim di Bajeng dan sekelas dengan Nursalam di III B Spensaga 98.

“Saya kira Haji Nursalam salah satu yang sangat layak untuk itu,” pungkasnya.

Tahapan pilkades di Takalar

Sebagai informasi berdasarkan informasi yang dibagikan di media sosial, desa yang melakukan pemilihan tahun 2021 di Takalar sebanyak 51 Desa dari 10 Kecamatan.

Sebarannya adalah Galesong Utara 7 Desa, Galesong 10 Desa,  Galesong Selatan  9 Desa, Sanrobone 4 Desa, Manggarabombang 9 Desa, Mappakasunggu 1 desa, Kepulauan Tanakeke 3 Desa, Kecamatan Polongbangkeng Utara 5 Desa, Polongbangkeng Selatan 2 Desa.

Adapun tapan pelaksanaannya adalah pada 26 hingga 28 Juli 2021, Sosialisasi PILKADES. 29 Juli hingga 14 Agustus 2021, pembentukan/pelantikan panitia,BIMTEK, Pendataan pemilih, tatib, RAB dan pengumuman tahapan.

Tanggal 16 hingga 27 Agustus 2021, pengajuan anggaran, 30 Agustus hingga 22 September pembentukan KKPS, validasi penetapan dan pengumuman pemilih, tanggal 13 hingga 21 September 2021 sebagai masa pendaftaran.

Tanggal 17 September hingga 06 Oktober 2021 penjaringan, seleksi tambahan dan penetapan calon. Tanggal 7 Oktober hingga 8 November 2021, persiapan perlengkapan dan peralatan Pilkades, tanggal 1 hingga 33 November 2021, kampanye.

Tanggal 9 November 2021, hari H pencoblosan. Tangga 10 November – 21 Desember 2021, penetapan Kepala Desa  dan 22 Desember 2021 pelantikan kepala desa terpilih.

Related posts