Unhas dan Kemenparekraf sepakat kerjasama bidang pengembangan Tridharma

  • Whatsapp
Menteri Sandiaga dan Rektor Unhas, Prof Dwia usai penandatanganan kerjasama (dok: Humas Unhas)

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat kerja sama bidang pengembangan tridharma Perguruan Tinggi.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., dan Ni Wayan Giri Adnyani (Sekretaris Utama Kemenparekraf) yang disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Aula Ruang Senat Akademik, Lt. 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (18/06).

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dwia menyambut hangat dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta rombongan ke Unhas. Beliau menjelaskan Unhas selama ini telah mentransformasikan diri agar kehadirannya dapat memberikan manfaat besar untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini tercermin dari apa yang kami lakukan dengan terjun langsung kepada masyarakat dalam berbagai bidang salah satunya mendorong dan melakukan kajian riset tentang wilayah potensial bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Misalnya saja para peneliti Unhas melakukan riset pengkajian area kars di daerah Rammang-Rammang Maros,” jelas Prof. Dwia.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menuturkan dalam mendukung berbagai kajian penelitian dan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,

Unhas telah memiliki Science Techno Park (STP) guna memasarkan produk olahan lokal yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan daerah.  Dengan adanya kerja sama tersebut, para sivitas akademika Unhas siap memberikan kontribusi sesuai tugas pokok masing-masing.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan Unhas merupakan kampus yang telah melahirkan beberapa tokoh inspiratif nasional seperti Prof Achmad Amiruddin hingga Jusuf Kalla. Olehnya itu, beliau menyakini Unhas mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing.

“Mahasiswa Unhas harus mampu membangun karakter dan jati diri creative thinkers, creative ledears dan agen perubahan sekaligus pemimpin gerakan sosial dan ekonomi. Sudah banyak kita mengenal lulusan Unhas yang kiprahnya tidak diragukan lagi. Kami menyakini, Unhas akan menjadi mitra terbaik Kemenparekraf dalam mendukung berbagai program peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat,” ungkap Sandiaga Uno. (*/mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *