Peserta International Culture Program Unhas belajar tarian Bugis Makassar

  • Whatsapp
Suasana di grup Zoom peserta kelas internasional (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pada penyelenggaraan International Culture Program (ICP) Universitas Hasanuddin hari keempat, para peserta yang berasal dari 18 negara belajar tarian tradisional Bugis-Makassar. Kegiatan berlangsung mulai pukul 15.00 Wita secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (12/11).

Hadir sebagai narasumber Nur Fadillah yang memperkenalkan tarian tradisional Sulawesi Selatan, sekaligus mengajarkan para peserta mengenai tarian tersebut. Turut membantu presentasi dan perkenalan secara virtual adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Unhas.

Nur Fadillah menjelaskan mulai dari gerakan hingga pakaian yang digunakan. Para peserta antusias mengikuti materi dan ikut mencontoh tarian yang diajarkan oleh instruktur.

Salah satu peserta yang berasal dari Nigeria, Rahama Abdulrasheed, mahasiswa Bayero University Kano mengatakan tarian tradisional Bugis Makassar sangat indah dan anggun serta didukung oleh pakaian tradisional yang menambah keindahan.

Meskipun tarian yang dicontohkan terlihat sulit untuk diikuti, namun ia tetap tertarik untuk mencobanya.

Peserta lain juga memberikan tanggapan mengenai materi tersebut, Irish Nicolete A. Bayanin asal Filipina, mahasiswa Lyceum of the Philippines University-Batangas. Irish menyampaikan kekaguman atas tarian Bugis-Makassar yang gemulai, serta para penarinya yang terlihat sangat cantik dan anggun.

Kegiatan hari keempat berlangsung hingga pukul 18.00 Wita dan akan dilanjutkan esok hari dengan agenda yang berbeda.(*/mir)

Related posts