Unhas presentasikan dua karya unggulan dalam ajang inovasi Indonesia Expo

  • Whatsapp
Para penampiil inovasi dari Unhas (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan ikut serta dalam penyelenggaraan Inovasi Indonesia Expo (I2E) yang diselenggarakan dalam rangka kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-25, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Kegiatan berlangsung pukul 14.00 Wita secara virtual melalui platform zoom dan disiarkan langsung pada kanal Youtube Unhas, Jumat (13/11).

Read More

Kegiatan awalnya dijadwalkan pada bulan Agustus, namun karena pandemi Covid-19 akhirnya pelaksanaan berlangsung pada bulan November dalam bentuk virtual exhibition.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menjelaskan bahwa sejak pandemi Covid-19, banyak hal yang dilakukan oleh para inovator Unhas. Fokusnya adalah mengembangkan inovasi berbasis kearifan lokal, sehingga bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Setelah menyampaikan sambutan singkatnya, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dua hasil inovasi para peneliti Unhas, yaitu BM-Patch dan E-Magic.

Dosen Fakultas Kedokteran Unhas, Dr. dr. Syahrijuita, M.Kes., Sp.THT-KL., menjelaskan mengenai inovasi BM-Patch atau Biocelulose Miringoplasty yang berfungsi sebagai platform dalam mempercepat penutupan perforasi membran timpani pada pasien oritis media supuratif kronis tipe benigna.

Hadirnya BM-Patch memberikan kemudahan bagi pasien yang mengalami gangguna pendengaran dengan mekanisme pemasangan lebih cepat dan menekan biaya karena menghindari proses operasi.

Pada kesempatan yang sama, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) juga menjelaskan tentang produk inovasi Unhas dalam dunia kedokteran gigi yang diberi nama E-Magic atau Extraoral Mobile Aerosol Guide Channel.

Produk ini berfungsi menyerap buangan aerosol, percikan saliva dan darah dalam lingkup kerja kedokteran gigi. Alat ini mengaplikasikan metode disenfektasi empat layer.

Dalam kegiatan pameran virtual I2E, para peserta diberikan kesempatan untuk mengusulkan kegiatan pendampingan diantaranya temu bisnis, webinar dan demo produk.

Presentasi produk unggulan Unhas ini berlangsung lancar hingga pukul 15.00 Wita.(*/mir)

Related posts