1752 artikel, target Scopus Unhas tahun 2020 terlampaui di bulan Oktober

  • Whatsapp
Gedung Unhas (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin berhasil mencatatkan produktivitas publikasi yang membanggakan. Hingga 31 Oktober 2020, jumlah publikasi atau artikel yang dihasilkan oleh sivitas akademika Unhas pada jurnal dan prosiding terindeks Scopus telah mencapai angka 1.752 artikel.

Untuk tahun 2020, Unhas menyepakati kontrak kinerja dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) akan menghasilkan publikasi terindeks Scopus sebanyak 1.750 artikel.

Dengan capaian ini, dapat dipastikan target kinerja Unhas untuk bidang produktivitas publikasi ilmiah dipastikan akan terlampaui, mengingat tahun 2020 masih tersisa dua bulan lagi.

Sekretaris Publication Management Center (PMC) Unhas, Andi Dirpan, Ph.D menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah memproses puluhan naskah yang direncanakan akan terbit hingga akhir tahun 2020.

“Kita sangat senang karena target tahunan kita dapat terlampaui. Nampaknya semangat meneliti dan menulis telah menjadi habit baru bagi sivitas akademik Unhas. Mudah-mudahan penambahan tahun ini bisa mencapai di atas 2.000 artikel,” kata Dirpan.

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan data hingga 31 Oktober 2020 tersebut menempatkan Unhas berada pasa posisi ke-4 nasional.

Sementara secara akumulatif, jumlah artikel karya sivitas akademik Unhas dan terindeks Scopus telah mencapai 5.817 artikel, atau berada pada peringkat sepuluh nasional.

“Unhas memberi perhatian kepada pencapaian kinerja publikasi ilmiah, sebab ini adalah ‘core business’ kita sebagai lembaga pendidikan tinggi. Meneliti dan menulis karya ilmiah adalah kewajiban bagi setiap dosen,” kata Suharman.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rektor Unhas mengambil beberapa kebijakan strategis untuk mendorong kinerja publikasi. Selain membentuk unit khusus (Publication Management Center), juga diambil langkah-langkah fasilitasi hingga pemberian insentif.(*/ir)

Related posts