Kelebihan spot selam di ceruk Teluk Pasar Wajo Pulau Buton

  • Whatsapp
Mandarin Fish (sumber: Pinterest)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pulau Buton merupakan salah satu wilayah penting Indonesia. Penting karena mempunyai potensi sumber daya dataran dan perairan yang sangat besar dan beragam. Dari aspal hingga hasil laut.

Pulau Buton adalah pulau ke-130 terbesar dunia. Selain mempunyai banyak lekuk pantai yang indah, pulau ini juga mempunyai beragam spot terumbu karang yang indah. Sebagian sudah dikunjungi wisatawan seperti di sekitar Kota Baubau, sebagian lainnya masih tersembunyi atau masih perawan.

Read More

Laut Teluk Pasarwajo merupakan salah satu yang dikenal oleh publik tentang keindahan pesisir Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Di teluk ini, terdapat salah satu spot penyelaman yang indah serta belum diketahui oleh banyak orang.

Spot selam atau snorkeling ada di beranda laut Kelurahan Awainulu, Kelurahan Lingge-lingge, hingga perbatasan Desa Wagola. Spot ini tidak kalah menariknya dengan gugusan karang yang ada di Wakatobi maupun di Bunaken, Sulawesi Utara.

Kesan tentang spot ini saya buktikan dengan snorkeling dan menyelam di sana. Kesan indah dan luar biasa ini juga diakui oleh ahli karang di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton, La Ila S.Pi M.Si.

Pesona bawah laut Teluk Pasar Wajo (dok: Jawadin)

“Perairan Buton terutama Buton induk mempunyai sekitar 10 spot terumbu karang salah satunya di Teluk Pasarwajo itu,” kata La Ila (3 Maret 2020).

Menurutnya, di ceruk teluk ini, selain mempunyai terumbu karang yang sangat baik, juga terdapat keanekaragaman hayati yang tinggi atau dengan kata lain sangat banyak atau beragam.

“Kalau dulu orang-orang menyelam mencari terumbu karang yang luas tapi sekarang yang dicari bukan terumbu karang panjang namun yang dicari adalah tingginya keanekaragaman hayati yang unik seperti yang ada di laut Kabupaten Buton ini,” tegas Ila.

Ia memaparkan bahwa untuk menyelam di Teluk Pasar Wajo, tepatnya di Desa Wagola, yang unik adalah kerapatan ikan Mandarin Fish yang sangat jinak. Ikan berasosiasi di wilayah spot terumbu karang. Bahkan ketika didekati ikan tersebut tidak akan menghindar seperti jenis ikan lainnya.

Bukan hanya melimpah jika dikaitkan dengan keragaman ikan, spot selam dan snorkeling ini juga aman dari gelombang atau arus kuat karena ada di dalam teluk. Inilah yang menjadi godaan bagi para pencari keindahan bawah laut.

Keindahan Telluk Pasar Wajo (dok: Pelakita.ID)

“Ikan ini sangat unik untuk difoto. Ikannya tidak lari. Banyak penyelam datang untuk memotret ikan. Sangat mudah difoto karena ikannya jinak. Ini uniknya ikan mandarin fish di sini,” tambah La Ila terkait kelebihan ikan Mandarin ini.

Bukan hanya Mandarin Fish, di Teluk Pasar Wajo ada beragam warna ikan anemon, ikan kerapu raksasa, dan jenis ikan karang unik lainnya seperti Napoleon hingga barrakuda.  Selain, teluk ini, mempunyai air laut bening sehingga dari atas perahu bisa kelihatan terumbu karang yang indah dan unik.

Pembaca sekalian, keindahan bawah laut Teluk Pasar Wajo ini dapat menjadi salah satu pilihan ketika hendak menikmati wisata bahari di Pulau Buton.

Jika pandemi Covid-19 selesai, destinasi ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi. Yuk kita ke Teluk Pasar Wajo!

Kontributor: Jawadin

 

Related posts