Satu ton bakso dari Unhas untuk bantu korban banjir bandang Masamba

  • Whatsapp
Panitia mengolah daging untuk dijadikan bakso, bantuan untuk korban bencana di Makassar (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Peternakan, menyiapkan satu ton bakso produk inovasi untuk membantu korban bencana banjir bandang Masamba, Luwu Utara.

Melalui wawancara pada Sabtu (18/07), Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN.Eng., salah satu panitia yang terlibat dalam proses penyiapan donasi bakso, menuturkan bahwa penyaluran satu ton bakso dimaksudkan untuk mempercepat proses pemulihan fisik dan raga para pengungsi yang membutuhkan asupan nutrisi protein yang cukup dan higienis.

Read More

“Fakultas Peternakan merasa terpanggil sebagai wujud rasa kemanusiaan. Pada beberapa aksi kemanusiaan sebelumnya seperti bencana tsunami Poso kita juga ambil bagian. Selain itu juga mengingat Unhas sebagai humaniversity yang mengupayakan hadir membantu masyarakat yang membutuhkan,” jelas Sri.

Fakultas Peternakan Unhas memilih bakso untuk disalurkan kepada masyarakat karena jenis olahan ini tidak membutuhkan waktu lama dalam proses persiapan dan pengolahannya sebelum dikonsumsi.

“Hampir segala umur suka makan bakso, sehingga fokus donasi kita itu. Satu ton bakso ini diproduksi oleh unit pengolahan bakso MBC Fakultas Peternakan Unhas yang melibatkan kurang lebih 30 orang dengan anggaran Rp. 50 juta,” sambung Sri.

Dalam proses produksinya, panitia mendapatkan bantuan dana dari donasi para dosen dan tenaga kependidikan lingkup Fakultas Peternakan, dharma wanita, alumni serta dosen di luar lingkup Fakultas Peternakan Unhas.

“Selain mendonasikan bakso, kegiatan kemanusiaan lainnya yang rencananya akan dilakukan adalah mendorong konsumsi makanan berprotein asal hewani seperti ayam, telur dan juga susu serta kegiatan lain yang mungkin masyarakat butuhkan,” tutup Sri.

Penyaluran bantuan satu ton bakso ke lokasi bencana rencananya akan dikirim ke lokasi pada Minggu (19/07), diantar langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc.(*/mir)

Related posts