Wisuda Periode Desember 2023, Unhas Hasilkan 1.587 Sarjana

  • Whatsapp
Wisuda Unhas (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk Periode Wisuda Desember Tahun Akademik 2022/2023.

Acara wisuda berlangsung mulai pukul 08.30 Wita di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung melalui kanal youtobe Unhas, Kamis (21/12).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), para Wakil Rektor, dekan di lingkup Unhas, Majelis Wali Amanat, dan Ketua Senat Akademik beserta jajaran anggota komisi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga serta penghargaan kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Unhas.

Lebih lanjut, Prof JJ juga memberikan gambaran tentang capaia Unhas sepanjang tahun 2023. Di usia ke-67, bersatu mengarahkan biduk Unhas perlahan namun pasti untuk berkembang di kancah internasional dengan tema “Succeeding Unhas Towards Global Excellence”.

Beberapa capaian Unhas hingga Desember 2023 seperti penerimaan hibah kapal perikanan 109 GT dari Kejaksaan Agung RI di PSDKP Batam yang akan digunakan untuk peningkatan kapasitas mahasiswa dan dosen dalam penelitian di bidang kelautan. Tidak hanya itu, Unhas juga meraih penghargaan tertinggi dari Komisi Informasi Pusat sebagai perguruan tinggi paling informatif dalam mendukung keterbukaan informasi public.

“Di bulan ini juga, Rumah Sakit Gigi dan Mulut meraih predikat akreditasi paripurna yang diberikan oleh Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS). Prestasi lain yang diperoleh Unhas melalui penghargaan Perguruan Tinggi Berdedikasi dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek,” jelas Prof JJ.

Pada wisuda kali ini, Unhas menghasilkan lulusan sebanyak 1587 orang, terdiri dari 748 laki-laki (47,13%) dan 839 perempuan (52,87%). Adapun jumlah wisudawan per jenjang pendidikan yakni Program Sarjana 771 orang, Program Spesialis 85 orang, Program Profesi 549 orang, Program Magister 145 orang dan Program Doktor 37 orang.

Sementara itu, untuk rata-rata IPK dan lama studi wisudawan periode Desember 2023 yakni

– Program Sarjana : IPK 3,61 dengan masa studi 4 tahun 4 bulan
– Program Profesi : IPK 3,65 dengan masa studi 0 tahun 8 bulan
– Program Spesialis : IPK 3,87 dengan masa studi 4 tahun 0 bulan
– Program Magister : IPK 3,91 dengan masa studi 2 tahun 3 bulan
– Program Doktor : IPK 3,96 dengan masa studi 4 tahun 1 bulan

Pada periode kali ini, Unhas menghasilkan 1587 wisudawan yang tersebar pada 17 Fakultas. Berikut jumlah lulusan pada masing-masing fakultas :

– Fakultas Ekonomi : 98 wisudawan
– Fakultas Hukum : 69 wisudawan
– Fakultas Kedokteran : 129 wisudawan
– Fakultas Teknik : 511 wisudawan
– Fakultas Isipol : 66 wisudawan
– Fakultas Ilmu Budaya : 60 wisudawan
– Fakultas Pertanian : 75 wisudawan
– Fakultas MIPA : 59 wisudawan
– Fakultas Peternakan : 32 wisudawan
– Fakultas Kedokteran Gigi : 210 wisudawan
– Fakultas Kesehatan Masyarakat : 46 wisudawan
– Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan: 49 wisudawan
– Fakultas Kehutanan : 34 wisudawan
– Fakultas Farmasi : 11 wisudawan
– Fakultas Keperawatan : 122 wisudawan
– Fakultas Sekolah Pascasarjana : 16 wisudawan

Seluruh rangkaian proses wisuda berlangsung lancar dan hikmat, kegiatan berakhir pukul 16.00 Wita, terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. (*)

Related posts