Unhas selenggarakan seminar tentang Budaya Kemaritiman

  • Whatsapp
Rektor JJ bersama pemateri dan peserta seminar (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin melalui Pusat Kajian Pariwisata dan Kebudayaan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) kerjasama Panitia Kongres Kebudayaan Sulsel 2023 menyelenggarakan seminar kebudayaan dengan tema “Menemukenali Nilai Budaya dalam Dimensi Kemaritiman”.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita di Aula Prof. Matuladda, Fakultas Ilmu Budaya, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis (08/06).

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.

Dalam sambutannya, Prof. JJ menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang bisa menjadi media untuk merumuskan bersama tentang penguatan kebudayaan maritim Sulawesi Selatan.

Prof JJ juga menjelaskan secara umum bagaimana nilai nilai budaya maritim tersebut hadir sebagai bagian dari spirit Unhas.

Menurutnya, konsepsi tentang kemaritiman tidak dapat dipisahkan dari pengertian tentang negara kepulauan termasuk Indonesia.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan konsep kemaritiman Unhas ditunjukkan melalui berbagai langkah strategis misalnya saja dalam bidang pendidikan.

Dikatakan, dalam mengembangkan budaya maritim, Unhas melakukan pengembangan kurikulum dan program studi yang mampu memberikan pengetahuan dan kompetensi penelitian tentang pemanfaatan kekayaan biota laut, pengetahuan tradisional, serta terobosan baru dalam berbagai studi kemaritiman.

“Saya sangat senang kegiatan ini bisa dilakukan, dan tentu ini menjadi wadah bagi kita semua untuk bersama sama merumuskan konsep budaya maritim untuk kemudian kami harapkan bisa disampaikan nantinya pada kongres kebudayaan,” ucapnya.

“Ada beberapa upaya strategis yang bisa dilakukan salah satunya menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif,” jelas Prof. JJ.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi para narasumber yang merupakan para guru besar Unhas dalam bidang kebudayaan seperti Prof. Dr. Ir. Hamka Naping, MA., dan Prof. Nurhayati Rahman, M.S serta beberapa narasumber lainnya.

Dijadwalkan, kegiatan berlangsung hingga pukul 16.00 Wita.

Dalam kegiatan ini, para peserta yang merupakan mahasiswa Unhas dan para pengiat kebudayaan hadir untuk memberikan gagasan serta masukan terkait upaya penguatan kebudayaan maritim Sulsel. (*)

Related posts