Alumni Unhas MACCALEG, siapa saja mereka? (bagian 1)

  • Whatsapp
Sejumlah alumni Unhas bersiap maju untuk DPRD dan DPR RI di Pileg 2024 (dok: dari berbagai sumber)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pintu pendaftaran bakal calon legislatif Pemilihan Legislatif 2024 perlahan ditutup.  Satu per satu nama politisi incumbent dan pendatang baru meramaikan jagat perbincangan media sosial.

Ada yang masih ‘cokko-cokko’ ada juga yang sudah terang-terangan pasang baliho.

Pelakita.ID mengidentifikasi beberapa nama alumni atau aktiivis Universitas Hasanuddin di masanya yang sedang mencoba peruntungan dengan menyiapkan dokumen, ijazah dan biodata dirinya untuk melenggang ke kursi parlemen.

Ada yang masih aktif sebagai anggota parlemen, ada juga yang memang baru pertama kali maccaleg.

Dari Partai Perindo, politisi kawakan Rahmansyah disebut terdaftar di Dapil 1 Sulawesi Selatan yang meliputi Makassar hingga Selayar.

Pria yang akrab disapa Pak Jenderal itu adalah kawan dekat bos Perindo H. Tanuwidjaya.  Pada Pileg lalu, alumni Sastra Unhas, Rahmansyah tertahan misinya di Dapil 1. Suaranya tak cukup untuk melenggang ke Senayan.

“Tapi kini pasti lebih siap,” ucapnya pada suatu ketika.

Dari Partai Gelora, orang dekat ketua DPD Gelora Sulsel, Syamsari Kitta, Mudzakkir Ali Jamil juga maju dari Dapil 1 Sulsel untuk DPR RI.

“Saya dan Pak Rahmansyah maju pada Dapil sama,” kata ‘AnTek’ Mudzakkir pada satu kesempatan kepada Pelakita.ID.

Pantauan Pelakita.ID, politisi PPP yang juga tokoh di DPP Darwis ismail kembali mencoba misi politiknya untuk lolos dari Dapil 3 Sulsel Luwu Raya, Enrekang, Sidrap, Enrekang, Toraja, Toraja Utara.

Darwis merasa telah belajar banyak dari pengalaman di Pileg lalu dan kini sangat konfiden di Pileg 2024.

“Siap maju dari Dapil 3 Sulsel DPR RI,” balas ketua Ikatan Sarjana Kelautan Unhas, Darwis saat dihubungi Pelakita.ID.

Politisi kawakan Partai Demokrat Sulsel yang juga kolega Agus Harimurti Yudhoyono , Ni’matullah RB pasti maju di Dapil 2 DPR Sulawesi Selatan.

Saat ditemui di Warkop Hometown Kopizone, alumni Akuntansi FE Unhas Ulla, begitu panggilannya mengangguk saat ditanyakan kesediaannya maccaleg DPR RI.

Kejutan juga datang dari Rudianto Lallo. Ketua DPRD Kota Makassar yang digadang maju sebagai Wali Kota Makassar itu didapuk oleh DPP Nasdem dan DPD Nasdem Sulsel untuk bertarung di Dapil Sulsel 1 selatan-selatan.

UQ Maju

Alumni FH Unhas 88, Sukriansyah Latief menjawab pertanyaan Pelakita.ID tentang desas-desus bahwa namanya maju di Dapil A Sulsel untuk DPRD Sulsel.

“Siap maju,” balasnya.

Hadirnya UQ begitu sebutannya meramaikan bursa Gerindra di Dapil ini yang sudah berisi nama kondang Muhammad Burhanuddin, advokat dan alumni FH Unhas angkatan 87.

Muhammad Burhanuddin yang sudah menyiapkan Sahabat Om Boer dan sejumlah kegiatas sosialisasi di Dapil A ini mengaku perlu menyusun strategi efektif untuk bisa melenggang di Dapil ketat itu.

Di Dapil ini ada banyak incumbent kuat seperti Fauzan Amir Uskara hingga Horas bersaudara.

***

Dari Selayar, alumni Unhas dari Fakultas Kehutanan Unhas, Ady Ansar mengaku bersiap maju DPRD Sulsel.

Politisi Nasdem berpengalaman dan pernah menjadi anggota DPRD Selayar ini disebut salah satu calon kuat Bupati Selayat itu menjawab siap maju untuk kedua kalinya di DPRD Sulsel.

Yang juga menarik adalah munculnya nama seperti Asri Tadda yang berlabuh di Partai Demokrat dari Dapil Luwu Raya. Asri adalah kolega dekat Ni’matullah RB di Kahmi/HMI.

“Siap maju lewat Partai Demokrat,” ujar Putra Malili Luwu Timur ini.

Asri Tadda maju Di Dapil Luwu Raya untuk DPR RI melalui Partai Demokrat (dok: istimewa)

Darah muda, jejaring, pengalaman organisasi dan kompetensi Asri Tadda sebagai Sarjana Kedokteran Unhas menjadi alasan mengapa dia didapuk Demokrat di Dapil ketat ini.

Dari Butta Toa Bantaeng, politisi PAN yang alumni Peternakan, Jabal Nur berkabar kalau dia siap maju dari Dapil Sulsel 2 untuk DPR RI.

“Mohon doanya kanda, saya maju juga,” balasnya.

Selain di Dapil Sulsel untuk DPR RI, ada nama Abdul Rahman Farisi di Dapil Sultra melalui Partai Golkar.

Alumni FE Unhas, Boge, begitu sapaannya saat ini mengaku sangat siap.

Di Tanah Jawa, alumni Unhas dari Fakultas Hukum, Politisi Partai Golkar, Abdul Razak Said bersiap melanjutkan asanya untuk ke Senayan.

“Siap maju melalui Jabar V Partai Golkar,” tanggapnya. Acha begitu panggilannya tetap konfiden di jalur itu sebab menurutnya telah berpengalaman dan semakin intens membangun kedekatan dengan banyak tokoh Jawa Barat.

Dari jazirah Luwu Raya, nama Andi Fauziah Pudjiwati Hatta maju ke DPR RI melalui Sulsel 3 Partai Golkar.

Putri tokoh Luwu Raya Andi Hatta Marakarma itu maju untuk kedua kalinya.

Kembali ke selatan Sulawesi Selatan, mantan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto  maju melalui PKB di Dapil 2.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar Daeng Ical juga maju DPR RI melalui Partai Kebangkitan Bangsa di Dapil 1.

***

Tentu masih banyak alumni Unhas yang maccaleg, jika ada informasi terkait nama atau profile terkait bersangkutan dan mau dipublikasikan bisa hubungai email pelakitamedia@gmail.com. 

Bersambung

 

Penulis: K. Azis

Related posts