Inspirasi Energi Terbarukan: Berburu PLTS hingga ke Kutai Kertanegara

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID -Di tengah meneipisnya energi fosil, di tengah ancaman perubahan iklim, Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa menjadi alternatif ekonomi di desa-desa pesisir, pedalaman atau pegunungan.

PLTS bisa menjadi pilihan sebagai sumber energi terbarukan dan bisa menjadi sandaran masa depan masyarakat perdesaan bahan perkotaan.

Karena itu pula GIZ Jerman melalui program Enacting telah memfasilitasi perwakilan masyarakat dari beberapa desa di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan untuk studi banding ke Desa Muara Enggelam, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur yang berhasil menjalankan usaha PLTS dan menjadi income untuk desa.

Read More

Kegiatan berlangsung dalam tahun 2019 dimana ada perwakilan 5 desa dari Sulsel dan NTT. Mereka datang mewakili BPD, Pengelola Bumdes hingga Kepala Desa.

Para peserta studi banding dari NTT dan Sulsel di instalasi PLTS Muara Enggelam (dok: K. Azis)
Kantor pengelola PLTS
Infografis realisasi APBD Desa
Usaha perikanan dan rumah burung walet jadi sumber pendapatan warga, dan warga butuh PLTS untuk memudahkan urusan mereka (dok: K. Azis)
Para peserta studi banding di Jembatan Desa Muara Enggelam (dok: K. Azis)
Meteran untuk pengguna PLTS
Para peserta saat mendengarkan paparan mengenai kisah PLTS Desa Muara Enggelam (dok: K. Azis)

 

Suasana Desa Muara Enggelam (dok: K. Azis)
Mendengarkan penjelasana pengelola Bumdes yang memanfaatan dana desa dengan membangun rumah walet. Rumah walet butuh listrik, dan PLTS sebagai solusi (dok: K. Azis)

Related posts