Tentang resiliensi dan keadilan iklim

  • Whatsapp
Salah satu upaya mengantisipasi perubahan iklim adalah dengan membangun pembangkit litsrik terbarukan dan menekan penggunaan energi fosil. Foto pembangkit listrik tenaga bayu di Jeneponto (dok: istimewa)

DPRD Makassar

Menangani krisis iklim bukan semata mengurangi emisi karbon tetapi melindungi orang dari bahaya.

PELAKITA.ID – Kita sedang dalam krisis iklim. Saat dunia memanas, orang-orang di seluruh dunia menghadapi tantangan baru yang menakutkan, dalam skala yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Untuk menghadapi tantangan tersebut—dan untuk berkembang—dibutuhkan resiliensi iklim. Ketahanan atau resiliensi iklim adalah bagaimana kita berhasil mengatasi dan mengelola dampak perubahan iklim sembari mencegah dampak tersebut menjadi lebih buruk.

Read More

Masyarakat yang tahan iklim ‘punya resiliensi’ akan menjadi masyarakat dengan perilaku rendah karbon dan melengkapi dirinya untuk menghadapi realitas dunia yang lebih panas.

Hanya ada satu cara nyata untuk mencapai ketahanan iklim: menahan emisi yang memerangkap panas yang mendorong perubahan iklim sambil beradaptasi dengan perubahan yang tidak dapat dihindari—melakukannya dengan cara yang membuat dunia lebih setara dan bukannya menjadi miskin.

Mitigasi + adaptasi

Ada kesepakatan umum bahwa untuk memperlambat laju perubahan iklim, kita perlu dengan cepat mengurangi emisi yang memerangkap panas yang menyebabkan pemanasan global. Ini adalah mitigasi perubahan iklim.

Ini tentang mengatasi perubahan iklim dengan mengatasi akar penyebabnya: emisi karbon yang kita buang ke atmosfer, terutama dari pembakaran bahan bakar fosil.

Mitigasi berarti menghentikan pembangkit batu bara dan gas, beralih ke sumber energi terbarukan, menggunakan energi lebih efisien, menggunakan lebih sedikit minyak untuk transportasi, meningkatkan penggunaan transportasi umum dan kendaraan listrik, dan menggunakan lahan dengan cara yang menghilangkan karbon dari atmosfer.

Tetapi bahkan jika kita secara agresif mengurangi emisi—dan kita harus melakukannya—dampak awal perubahan iklim sudah ada yang kian parah setiap tahun, dan karena polusi karbon tidak hilang begitu saja — tetap berada di atmosfer selama beberapa dekade — dampak iklim ada untuk jangka panjang.

Jadi, kita juga membutuhkan adaptasi perubahan iklim, di mana kita melindungi diri dari ancaman yang sudah ada dan mempersiapkan lebih banyak perubahan yang akan datang.

Karena dampak iklim begitu luas jangkauannya, cakupan hal-hal yang dianggap “adaptasi iklim” juga cukup luas.

Adaptasi mencakup hal-hal seperti memperkuat jaringan listrik agar lebih tahan terhadap cuaca ekstrem; berinvestasi dalam perumahan dan infrastruktur yang lebih baik di daerah yang dilanda banjir atau kenaikan permukaan laut; menanam pohon untuk mengurangi panas ekstrem di perkotaan; dan memasang AC di sekolah.

Pada dasarnya, ini berarti menyesuaikan cara kita hidup, bekerja, dan bermain agar kita tetap aman dari dampak perubahan iklim.

Resiliensi iklim butuh keadilan iklim

Ada aspek penting ketiga dari ketahanan yang harus menginformasikan cara kita beradaptasi dan memitigasi perubahan iklim: keadilan iklim.

Perubahan iklim menyebabkan kerusakan yang tidak proporsional pada anggota masyarakat tertentu, semua orang, semua orang kulit berwarna, orang yang hidup dengan pendapatan rendah atau dalam kemiskinan, dan orang tua, muda, atau cacat.

Memasukkan keadilan iklim dalam resiliensi berarti, di sisi adaptasi, memprioritaskan kesejahteraan orang dan komunitas yang paling terpapar kerusakan iklim dan paling tidak mampu mengatasinya.

Hal ini dapat melibatkan, misalnya, memastikan perumahan umum memiliki AC, menempatkan komunitas yang berisiko di urutan pertama untuk mendapatkan uang untuk perencanaan prabencana, dan berinvestasi dalam langkah-langkah untuk menjaga agar orang tua, cacat, tunawisma, atau hidup dalam kemiskinan tetap aman. selama badai atau kebakaran hutan.

Di sisi mitigasi, keadilan iklim berarti memastikan bahwa solusi iklim, seperti proyek energi bersih, memberikan bantuan, bukan kerugian, kepada komunitas yang rentan.

Ini bisa melibatkan memprioritaskan pengurangan polusi pembangkit listrik dan penonaktifan pembangkit listrik berbahan bakar fosil yang kotor di masyarakat berpenghasilan rendah.

Kemudian, memastikan proyek energi angin, matahari, dan energi bersih lainnya membawa lebih banyak manfaat daripada beban bagi komunitas kulit berwarna; dan memperluas akses rumah tangga berpenghasilan rendah ke atap dan surya komunitas, efisiensi energi, angkutan umum, dan elektrifikasi transportasi dan pemanas.

Saat kita membangun ketahanan, kita harus memprioritaskan mereka yang menghadapi kerugian terbesar akibat perubahan iklim. Tetapi kita bisa melihat bahwa karena rasisme sistemik dan ketidakadilan sejarah lainnya, hal ini tidak dilakukan.

Mengakui dan mengatasi ketidakadilan tersebut sangat penting untuk bekerja menuju ketahanan yang adil, sekarang dan untuk masa depan.

Membangun ketahanan iklim

Hanya dengan melakukan mitigasi dan adaptasi bersama-sama kita dapat mencapai dan mempertahankan ketahanan iklim.

Jika kita bekerja keras di kedua bidang ini, menjaga keadilan iklim tetap di depan dan di tengah, kita dapat membangun masyarakat tahan iklim yang rendah karbon, siap untuk menghadapi kenyataan dunia yang lebih hangat, dan bekerja untuk melindungi kesejahteraan semua orang.

Membangun ketahanan iklim harus menjadi ambisi utama para aktivis iklim dan pembuat kebijakan.

Sumber: https://www.ucsusa.org/resources/what-climate-resilience

 

Editor: K. Azis

Related posts