Berkunjung ke Kawasan Pantai Wisata Lowita

  • Whatsapp
Indahnya Pantai Lowita Pinrang

DPRD Makassar

PEAKITA.ID – Kiri hamparan empang udang dan bandeng, kanan jejeran pohon kelapa dan kawasan wisata Lowita yang banyak dicerita orang-orang.  Itu rekaman saya saat datang ke tempat ini dari arah pusat Kota Pinrang.

Ihwal berkunjung ke Pantai Lowita ini setelah menikmati sarabba dan ubi goreng di salah satu kafe di Kota Pinrang pada 20 September 2022.

Adalah Kepala Dinas PMPTSP Pinrang yang menyampaikan kalau salah satu lokasi wisata unggulan Pinrang adalah Pantai Lowita.  Lokasinya di Desa Tasswalie, Kecamatan Suppa.

Tak menunggu waktu lama, Pelakita.ID bersama Kadis DPMPTSP Pinrang, Andi Mirani meluncur ke barat kota.

“Kira-kira 30 menit dari pinggir jalan raya utama,” kata Pak Suddin terkait lokasi wisata Lowita ini.

Mobil yang dikemudikan Pak Suddin melaju menunju Desa Tassiwalie, jalan yang dilalui cukup nyaman meski tak terlalu luas, layaknya jalan desa.

Kami sampai setelah kurang lebih 25 menit perjalanan, melintasi hamparan tambak atau empang yang lekat dengan Kecamatan Suppa. Kecamatan ini adalah salah satu target program pengembangan udang windu Sulsel Pandawa 1.000.

Pak Suddin, pria asal Jeneponton ini cukup paham jalur itu sehingga lebih cepat dari perkiraan.  Boleh dibilang, akses jalan untuk menuju ke destinasi ini cukup nyaman dan lancar.

Destinasi nyaman untuk berwisata di Pinrang

Menurut Kadis, Andi Mirani, Pantai Lowita ini merupakan lokasi incaran warga Pinrang dan sekitarnya untuk dinikmati. “Bukan hanya pada akhir pekan tetapi hari-hari biasa pun, terutama pada sore hari pengunjung tetap berdatangan,” katanya.

“Kami juga mendorong agar semakin tumbuh investasi di kawasan ini. Bisa bisnis perhotelah, kuliner dan fasilitas rekreasi,” ucap alumni STPDN ini.

Menurutnya, Pinrang saat ini terus membuka diri untuk jadi kabupaten ramah investasi. “Bupati terus memotivasi kami untuk memberi kemudahan investasi termasuk untuk bidang pariwisata ini,” imbuhnya.

Sekilas, pasir pantai Lowita nampak halus meski tak seputih Pantai Bira Bulukumba yang lebih dulu terkenal.

Model pantai yang memanjang dan dipagari pohon-pohon kelapa menjadikan tempat ini eksotis dan bagus untuk untuk dinikmati oleh kita, kolega dan masyarakat luas. Apalagi setelah adanya gazebo berikut untaian lampu hias.

Suasana sunset di Pantai Lowita

Di dalam kawasan inti Lowita terdapat gazebo, ada area parkir, tempat salat, kamar mandi serta tempat pengingapan.

Jadi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu dengan menikmati sunset, menikmati sajian khas Pinrang, ikan bakar, bebek pallekko, atau aneka menu lainnya dapat dinikmati di dalam.

Areal Pantai Wisata Lowita sekitar 2 kilometer persegi dan saat ini dikelola Pemda dengan bekerjasama swasta.

Kami balik ke kota, jelang malam, lelampu menyala di dalam kawasan Lowita, suasana sunset nampak syahdu terlihat dari arah lautan. Seperti menggoda bagi sesiapa yang berkunjung ke Pinrang.

Yuk gaes, kita ke Pantai Lowita Suppa!

 

 

 

 

 

 

Related posts