Dispora dan IKA Smansa sukses gelar event Sulsel Smansa 10K 2022

  • Whatsapp
Suasana saat pembukaan Sulsel Smansa 10K 2022 (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Matahari belum nampak di langit timur namun ribuan orang sudah berkumpul di kawasan Center Point of Indonesia pada Minggu, 18 September 2022 untuk mengikuti ajang olahraga lari sejauh 10 kilometer bertajuk ‘Sulsel Smansa 10K 2022’.

Mereka datang dengan beroda dua, roda empat, naik sepeda dan jalan kaki dari rumahnya. Sebentar lagi flag off.

“Luar biasa semangat para peserta. Terima kasih sudah berpartisipasi,” kata Hoist Bachtiar, alumni Smansa 82, salah seorang inisiator event tahunan ini dari atas panggung menyambut peserta yang berbondong datang.

Acara ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan dengan Smansa Makassar yang digawangi oleh Smansa 87.

Ustadz Das’ad Latief saat memberi sambutan dan doa kelancaran lomba (dok: istimewa)

Banyaknya peserta dan tingginya antusiasme pelari yang datang dari berbagi kalangan juga mengundang decak kagum Wali Kota Makassar, M. Ramdhan Danny Pomanto, alumni Smansa 81.

“Luar biasa kekompakan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Makassar yang konsisten menggelar event lari tingkat nasional hingga tiga kali,” katanya di depan ribuan peserta.

Danny menyampaikan itu sebelum berdua Ketua Umum IKA Smansa Makassar Andi Ina Karika Sari melepas 2 ribuan peserta Sulsel SMANSA 10K di Business Park Citraland City Losari Makassar, kawasan CPI, Minggu (18/9/2022).

“Saya kira IKA Smansa ini luar biasa, acara ini bukan hanya sekadar olahraga lari semata melainkan ajangnya kita bersilaturahmi,” sebut Danny, alumni Smansa 81.

“Event seperti ini menandakan kota itu manju, SMA Negeri membuktikan bahwa kota ini maju, saya juga alumni SMA Negeri I,” lanjutnya kepada Pelakita.ID.

Peserta memasuki garis finish (dok: istimewa)

Andi Ina, Ketua DPRD Sulsel nampak riang di sisi Danny bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis. Nampak pula Wagub Sulsel dua periode, Agus Arifin Nu’mang, anggota DPRD Sulsel Usman Lonta, Junaldi Monoarfa, Ahamd Habib, Welham Hafied (IKA Jabodetabek)  dan jajaran pengurus pusat IKA Smansa.

“Alhamdulillah, IKA Smansa Makassar sukses dan kompak menyelenggarakan event lari Sulsel Smansa 10K 2022 yang menjadi agenda tahunan dan ini adalah tahun ketiga pelaksanaannya. Alhamdulillah terdapat ribuan peserta yang kami lepas pagi tadi, di Business Park Citraland City Losari Makassar, kawasan CPI,” sebut Ina.

Menurut Andi Ina, kegiatan ini tidak hanya diramu sebatas event olahraga lari tingkat nasional tetapi juga menjadi sebagai ruang silaturahmi lintas angkatan IKA Smansa Makassar.

“Dari angkatan senior hingga ke angkatan yunior menyalurkan ide yang akhirnya mengantarkan kita pada pencapaian luar biasa dan kebersamaan yang sangat kuat,” jelasnya.

Peserta Sulsel Smansa 10K 2022 (dok: istimewa)

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Kadispora Sulsel yang telah hadir, bapak Wali Kota Makassar yang juga sebagai Alumni Smansa Angkatan 81, Ustaz Das’ad Latif, dan tentu untuk ketua panitia serta seluruh panitia dan pihak yang terlibat dalam terselengganya kegiatan ini,” ucapnya.

“Terima kasih untuk semua sponsor dan pendukung acara ini,” pungkas Andi Ina.

Sementara itu, Maliku Pakambanan, salah seorang anggota tim penitia dari Smansa 81, jumlah peserta kali ini mencapai 2.100 orang di empat kategori.

“Ada umum nasional, master dan MRC. Ada juga khusus IKA Smansa. Pesertanya pun berasal dari berbagai angkatan, mulai dari angkatan 1970 hingga 2020,” ucap Maliku.

Khusus untuk peserta dari jauh, Maliku menyampaikan apresiasi. “Terima kasih Vale Runners, sudah jauh-jauh datang ke Makassar mengikuti event Sulsel Smansa 10K 2022,” sebutnya.

Acara berlangsung lancar dengan sekuensi menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua umum IKA Smansa, Wali Kota Makassar, pelepasan peserta lomba atau flag off, lomba, pembagian goodie bag dan medali hingga hiburan live music.

Para peserta juga menyempatkan berfoto di booth yang telah disiapkan oleh panitia. Termasuk booth dari para sponsor. Beberapa sponsor yang mendapat apresiasi Ketua umum IKA Smansa di antaranya Bank Sulselbar, Cleo, Gojek, Fitbar, Kimia Farma hingga Isotonik Water.

 

Editor: K. Azis

 

 

 

 

Related posts