Bidang Pekerjaan Umum Pemukiman Wilayah dan Tata Ruang IKA Unhas rampungkan pra-raker

  • Whatsapp
Andi Iwan Aras saat memimpin pra raker IKA Unhas bidang pekerjaan umum dan tata ruanhg (dok: Humas IKA Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID –  Persiapan Rapat Kerja (Raker) Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS) kini telah rampung menyusul Bidang Pekerjaan Umum Pemukiman Wilayah dan Tata Ruang telah menyelasaikan rapat kordinasi dan rapat Pra Raker.

Bidang yang diketuai oleh Andi Iwan Darmawan Aras, anggota DPR RI tersebut telah merampungkan setiap program dan rencana kerja yang berlangsung di salah satu cafe Jalan Bontolempangan Makassar, Sabtu (22/6/2022).

“Selain membahas rencana program kerja, kita sambil diskusi juga sebab biasanya dalam diskusi banyak melahirkan ide ide yang brilian,” pinta Andi Iwan, Wakil Ketua Bidang Pekerjaan Umum Pemukiman Wilayah dan Tata Ruang, (PUPR).

Selain Bidang PUPR seluruh bidang yang tercatat sebagai pengurus IKA Unhas periode 2022-2026 juga telah menggelar pra raker yang sama.

Hal tersebut dilakukan oleh para pengurus bidang atas arahan Ketua Umum PP IKA Unhas A. Amran Sulaiman yang menghendaki pra raker sebelum Rapat Kerja IKA Unhas.

Hadir dalam rapat Pra Raker bidang PUPR selain Andi Iwan Darmawan Aras, erlihat juga Wakil Sekjen Muhammad Iqbal Samad Suhaeb, Ketua Bidang Perhubungan  I Made Herdianta Gautama, Divisi Perhubungan Darat dan Perkeretaapian, Divisi Agraria dan Tata Ruang  Andi Renald yang juga Kanwil GTRA Provinsi Sulawesi Tenggara, Divisi Pembangunan Wilayah Muh. Yamin Tahir inspektorat Pemda Bone yang ikut rapat melalui zoom. Selain itu hadir juga Wakil Ketua IKA Unhas Bachrianto Bahtiar.

Dalam diskusi tersebut mengemuka bagaimana menciptakan peran IKA Unhas dalam memberikan kajian dan pemetaan saat pemerintah pusat hendak membuat kebijakan pemekaran wilayah di Indonesia Timur.

“Perlu ada kontribusi dari alumni Unhas,” ujar Ketua Bidang Perhubungan I Made Herdianta Gautama.

Selain itu tambah beberapa peserta bidang PUPR, alumni Unhas perlu mengkaji lebih dalam infrastruktur di berbagai daerah dan wilayah di Indonesia Timur untuk membantu pemerintah di daerah memberikan kajian kepada pemerintah pusat.

“Memang diperlukan ada nya seminar seminar,” sela AIA, sapaan akrab Andi Iwan Darmawan Aras.

Banyak hal yang IKA UNHAS perlu dorong pada bidang PUPR seperti kontribusi di bidang perumahan, memberdayakan alumni-alumni yang sesuai dengan bidangnya dengan perumahan yang berbasis ramah lingkungan dan sesuai dengan RTRW, memastikan ada kerjasama antara IKA Unhas melalui program Presidensi G20.

Memberikan rekomendasi atau intervensi terhada program global seperti ramah lingkungan.

Pada penutupan rapat tersebut, Iwan berharap agar seluruh hasil diskusi dan kajian dari PUPR disusun rapi oleh Wakil Sekretaris Iqbal Suaeb untuk diplenokan melalu rapat kerja IKA Unhas.

“Insya Allah kita akan konkrietkan semua semoga bukan hanya sekedar wacana,”tandas Iwan Arazs yang tercatat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

Dengan demikian lanjut Iwan, kelak IKA Unhas akan dapat bersaing dengan ILUNI dan KAGAMA .

“Saya berharap ke depan, kita bisa mempersatukan alumni yang ada. bersinergi dan bisa menyatukan kekuatan,” tutupnya.

Related posts