Fakultas Teknik Unhas hasilkan 421 insinyur baru

  • Whatsapp
Rektior Unhas, Prof Jamaluddin Jompa bersama keluarga besar FT Uhnas (dok: iHumas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Program Studi Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Penyumpahan Insinyur bagi 421 insinyur baru. Kegiatan berlangsung mulai pukul 19.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Hotel Claro, Makassar, serta terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan kanal YouTube FT Unhas, Rabu (22/06).

Ketua Prodi PPI Unhas, Dr. Eng. Ir. Ilham Bakri, St., M.Sc. IPM., dalam sambutannya menyampaikan proses penyumpahan kali ini merupakan yang ke-8 kalinya dilakukan oleh PPI Unhas, secara rutin pada bulan Juni – Desember.

Untuk periode ini, kembali dihasilkan 421 insinyur baru yang tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai latar belakang.

Lebih lanjut, Ir. Ilham Bakri menambahkan secara berkelanjutan PPI Unhas terus berupaya optimal dalam peningkatan kualitas melalui berbagai langkah strategis. Hal ini untuk mendukung lahirnya para insinyur baru berkualitas dan berdaya saing secara global.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, ST., MT., menyampaikan ungkapan terima kasih atas kepercayaan untuk menghadirkan PPI di Unhas.

Beliau juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada insinyur baru dan berharap para lulusan bisa memberikan kontribusi serta peran terbaiknya dalam upaya mendorong pembangunan bangsa.

“Merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi FT bisa memberikan kontribusi terbaiknya tidak hanya bagi institusi, namun juga untuk bangsa dan negara. Kedepan, FT Unhas termasuk PPI akan terus berbenah dalam upaya menghasilkan lulusan yang memiliki peran dan tanggung jawab terhadap kemajuan bangsa,” jelas Prof. Isran.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan peran para insinyur dalam mendorong pembangunan bangsa.

Beliau mengatakan, perkembangan teknologi memiliki pengaruh besar dalam kehidupan negara. Untuk itu, para alumni diharapkan mempunyai peran strategis membangun kedaulatan teknologi.

“Unhas mengharapkan para lulusan bisa menjadi insinyur yang humanis, mampu memberikan kontribusi terbaik untuk berbagai permasalahan bangsa saat ini. Kehadiran para insinyur merupakan kekuatan tersendiri dalam menciptakan dan mewujudkan kesejahteraan bagi kehidupan bermasyarakat,” jelas Prof. JJ.

Ir. Bambang Goeritno, MPA., M.Sc., IPU., Sekretaris Jenderal PII menyampaikan ucapan terima kasih atas komitmen Unhas yang secara konsisten menghasilkan banyak insinyur baru hingga saat ini. Unhas telah memperlihatkan bentuk keterlibatan aktif mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui dukungan para insinyur.

Kegiatan ini berlangsung khidmat diikuti oleh seluruh peserta melalui luring maupun daring, dan berakhir pukul 21.30 WITA. Para insinyur yang telah mengambil sumpah profesi mengikuti proses wisuda yang dilakukan pada Kamis (23/06). (*/mir)

Related posts