Meriah dan luar biasa, HBH IKA Smansa 81 di Wisma Kalla

  • Whatsapp
Foto bersama para peserta HBH Smansa 81 di Lantai 4 Wisma Kalla (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Halal bi Halal yang meriah dan luar biasa. Itu kesan setelah mengikuti pelaksanaan HBH IKA Smansa 81 di Wisma Kalla, Kota Makasar, Kamis, 5 April 2022.

Disebut luar biasa karena berisi aneka rangkaian kegiatan. Sambutan ketua panitia, ketua Smansa 81, anggota dewan pakar Fatimah Kalla, ketua umum IKA Smansa Makassar, A. Ina Kartika Sari dan aneka hiburan.

Aneka hiburannya yang super-super keren. Ada penampilan Band IKA Smansa 81 yang dipimpin Prof Anis Makkatutu, ada Musik Gambus Arabia Rio Gambus Islami dan peragaan busana oleh ibu-ibu alumni Smansa 81. Keren bukan?

Read More

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh qoriah Ekawati Anan. Suaranya yang bening dan bertenaga membuat peserta hening dan menyesap makna bacaan Surah Al Imran.

Bersama band Smansa 81, ketua IKA Smansa A. Ina bahkan ikut mendendangkan satu lagu kesukannya, Bintang. Bersama kedua kelompok pemusik tersebut para peserta nampak antusias dan ikut berdendang dan menari di lantai 4 Wisma Kalla.

Pada peragaan busana yang dilakoni oleh alumni-alumni Smansa 81, mereka nampak memukau dibalut aneka gaun dan asesoris. Aksi mereka mengundang decak kagum dan canda tawa dari para kolegnya.

“Hati-hatiki terpeleset, pelan-pelan saja melangkah,” seru peserta HBH.

Sambutan-sambutan

Dalam laporan ketua panitia, Ir. H. Mukhtar Syarkawi, acara ini terselenggara atas kerjasama alumni, dukungan berbagai pihak termasuk Fatimah Kalla yang merupakan alumni Smansa 81.

“Terima kasih Ibu Ima atas dukungannya,” katanya.

Sementara itu, ketua IKA Smansa 81, Prof dr Anis Makkatutu, menyebut bahwa jumlah alumni Smansa 81 mencapai 850 saat di sekolah di Bawakaraeng dan Balangboddong.

“Yang tercatat saat ini, ada 500-an. Sudah ada 102 yang meninggal dunia,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Prof Anis mengajak teman-temannya untuk mendoakan yang sudah berpulang. Dia juga berharap solidaritas dan kerjasama Smansa 81 tetap terjalin.

“Selama ini kita selalu tampil maksimal dan paling banyak ikut Tenas, Tenas dua jumlahnya mencapai 200-an. Sekarang juga sudah terdapat jumlah 219-an,” katanya.

“Ide HBH yang bernuansa Arabia ini merupakan ide ibu-ibu Smansa 81,” ucapnya seraya melirik ke kelompok ibu-ibu yang nampak bersemangat.

Dia menyebut untuk calon peserta Tenas 3 yang ke-219 orang tersebut kebutuhan akomodasi sudah rampung. “Akomodasi sudah oke, transportasi ini yang masih perlu diselesaikan,” katanya.

Foto bersama Ketua IKA Smansa Makassa A. Ina Kartika Sari bersama Fatimah Kalla dan alumni Smansa 81 (dok: istimewa)

Meski mengaku teman-teman angkatannya sudah memasuki usia 60-an namun semangat bekerja dan bersilaturahmi tetap mengemuka.

Anis menyebut teman-temannya sangat antusias untuk menggelar kegiatan. “Ada yang menelpon bilang adakan ini, laksanakan ini. Kita memang mau aktif sebab di usia ini tidak boleh berhenti berkarya,” katanya.

“Seperti kata  Mahatir Muhammad, jangan berhenti berkarya, kalau tidak  mau pikun. Kita memang baiknya berkarya terus,” katanya.

Pesan penting juga disampaikan oleh Fatimah Kalla saat memberikan sambutan tentang pentingnya menjaga persahabatan dan silaturahmi.

“Persahabatan kita lebih penting. Kita tidak boleh mengakhiri hidup kita dengan pertemanan yang tidak benar. Kalau terputus silaturahmi kkita, kita akan ditanyakan,” katanya.

“Mari menjaga persaudaraan kita sampai akhir hayat,” ucap Fatimah Kalla.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Smansa Makassar, A. Ina Kartika Sari mengaku senang sebab ini merupakan untuk pertama kalinya ikut HBH yang digelar oleh IKA Smansa Makassar.

“Hari ini adalah hari kemenangan untuk kita semua, selamat Idul Fitri, 1443 H, mohn maaf lahir dan batin,” kata alumni Smansa angkatan 93 itu. Dia datang ditemani Sekjen IKA Smansa Muhammad Yusri Lukman, ketua harian Ir. Andi Laksmiwaty (81), Junaldi Monoarfa (82) hingga Kamaruddin Azis (89).

Dia menyebut acara ini penuh kebersamaan. “Kakak-kakak semua, kami semua pengurus yang hadir berbangga atas kekompakan dan kebersamaan Smansa 81 uu,” pujinya.

Dia juga menegaskan bahwa meski dia sebagai ketua DPRD Sulsel dan punya partai namun dia tidak akan memanfaatkan organisasi Smansa untuk kepentingan politik.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Andi Ina mengingatkan penitngnya memanfaatkan kesempatan bersama seperti HBH IKA Smansa 81 ini untuk happy-happy saja.

Happy, happy, bersenang-senang. Bersilatuhami untuk membahagiakan diri, jangan-mi pikir yang berat-berat.  Biarlah kami yang jalankan apa keinginan kaka-kakak, yang berat-berat itu,” ucapnya.

Andi Ina juga menyampaikan momentum Temu Nasional 3 IKA Smansa Makassar yang akan digelar di Bedugul Bali dan mengajak partisipasi semua angkatan.

 

Penulis: K. Azis

Related posts